Sederet Kontroversi dari Kartun Spongebob Squarepants

Tim Editor

Pemain kartun Spongebob Squarepants (IMDb)

Jakarta, era.id - Spongebob Squarepants adalah serial kartun Nicklodeon yang paling terkenal. Karakter-karakter kartun Spongebob Squarepants tentu tak asing lagi. Seperti, Spongebob adalah pribadi yang menyenangkan, mudah diajak berteman dan optimistis ditambah lagi fisiknya berbentuk spons kuning.

Tapi siapa sangka jika kartun yang mulai tayang tahun 1999 ini cukup kontroversial.

Berikut teka-teki yang sulit dipecahkan dari kartun Spongebob:

1. Ikon Gay

Bendera LGBT (Patricia De Melo Moreira / AFP)

Tahun 2002 kartun Spongebob sempat mengalami polemik yang mencuat ke publik. Kontroversi ini menjadi sorotan di media sosial karena tuduhan ini didasarkan pada sifat disposisi sensitif Spongebob dan di beberapa episode terlihat Patrick tengah menggandeng tangan Spongebob. Stephen Hillenburg selaku pencipta kartun ini menyatakan bahwa beberapa karakter dari kartun ini menunjukkan karakter aseksual.


Tahun 2005, Spongebob dinyatakan mengandung unsur kontroversi oleh kelompok evangelis hingga akhirnya kartun ini diboikot karena dinilai prohomoseksual.

2. Kehadiran Nosferatu

Kehadiran Nosferatu mengundang misteri (istimewa)

Episode "Graveyard Shift" terdapat sosok Nosferatu yang mampir dalam scene yang menceritakan Spongebob dan Squidward harus bekerja selama 24 jam di Krasty Crab. Hal-hal mistis terjadi di Krasty Crab yakni lampu yang bermasalah dan munculnya sosok Nosferatu. Sosok misterius ini terlihat sedang bermain-main lampu.

Pada tahun 1922 sosok Nosferatu hadir dalam film bisu asal Jerman hingga ditanggap sebagai mahluk paling menyeramkan di masa itu. Pria memiliki tubuh jangkung dengan warna hitam putih merupakan penghisap darah yang diwujudkan seperti drakula.

3. Langganan Sensor

Sandy Cheeks disensor karena hanya mengenakan bikini (istimewa)

Kartun Spongebob Squarepants dipercaya terdapat adegan yang dinilai menyimpang seksual, sehingga tak senonoh untuk dipertontonkan.Beberapa negara ada yang menyensor bahkan memotong sejumlah episode Spongebob Squarepants.

Di Inggris, episode Halloween "Scaredy Pants" dilarang tayang, karena terdapat adegan di mana SpongeBob mencukur habis bagian tubuh atasnya dan hanya tersisa tubuh bagian pinggang ke bawah, wajah, dan otaknya terbuka.

Selain itu, karakter Sandy Cheeks yang memotong ikan di antara kakinya pada episode "Karate Choppers". Aksi ini dianggap bersifat cabul. Sama halnya dengan kalimat "getting nailed" pada episode "Life of Crime" dan adegan saat SpongeBob dan Patrick berpegangan tangan di "The Fry Cook Games".

4. Misteri Bikini Bottom

Suasana Bikini Bottom (istimewa)

Sebagian orang berpikir nama Bikini Bottom hanyalah sebuah banyolan. Namun ternyata nama tempat tinggal Spongebob ini terinspirasi dari situs percobaan nuklir milik Amerika Serikat: Pikini Atoll.

Pikini Atoll adalah gugusan pulau yang menjadi koloni Amerika Serikat. Pulau ini menjadi salah satu peninggalan dari perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Banyak yang menduga di beberapa episode Spongebob Squarepants tersirat sejarah Pikini Atoll. Bahkan, ada yang menyangka bahwa tokoh-tokoh pada kartun Spongebob merupakan biota laut yang mutasi.

5.  Asal Usul Pearl
Pemain kartun Spongebob Squarepants (istimewa)

Ada beberapa episode Spongebob Squarepants yang misterinya belum terpecahkan. Seperti, Squidward tidak memakai celana, namun saat bajunya terbuka dirinya menutupi bagian bawah tubuhnya. Selain itu, rumah Patrick satu-satunya yang bisa dibuka dengan otomatis. Sementara itu, ibu Pearl mencuat banyak teori.

Pearl adalah ikan paus dan Tuan Crab merupakan kepiting. Bagaimana bisa Ayahnya seorang kepiting namun putrinya terlahir sebagai ikan paus? Banyak yang menyampaikan spekulasi bahwa Pearl adalah anak adopsi. Spekulasi lainnya adalah jika memang Pearl dinyatakan sebagai anak kandung, itu artinya ibunya berasal dari spesies lain. Sama halnya dengan Tuan Crab jatuh hati dengan Nyonya Puff.

Tag: kartun spongebob squarepants

Bagikan: