Film Indonesia Bertema Anak Sekolah yang Bisa Temani Kamu di Rumah

Tim Editor

Dok. IMDB

Jakarta, era.id - Sejumlah film karya anak bangsa memang tak lekang oleh waktu, termasuk film bertemakan petualangan hingga cinta Anak Baru Gede (ABG). 

Nostalgia film dengan tema anak sekolahan ini bisa menjadi alternatif Anda dalam mengisi waktu luang dan bosan akibat di rumah saja. Terlebih, film tema anak sekolahan yang bisa bikin kamu ingat rasanya 'cinta monyet' hingga kisah persahabatan.

Apalagi film-film ini bisa kamu nikmati gratis di aplikasi Hooq, iFlik sampai GoPlay


1. Petualangan Sherina



Masih ingat dengan kisah Sherina (Sherina Munaf) dan Saddam (Derby Romero) yang harus melarikan diri dari penculik bernama Kertarejasa (Djaduk Ferianto)? Atau ingat dengan nyanyian “Jagoan” yang dibawakan oleh keduanya di lapangan sekolah? 

Kisah seru anak nakal sekolahan ini terekam jelas dalam film Petualangan Sherina yang tayang pada awal tahun 2000-an. Disutradarai oleh Riri Riza, film ini membawakan kesan berbeda sebagai film musikal anak legendaris pada masanya. 

Beberapa waktu yang lalu, para pemain utama, Sherina dan Derby beretemu kembali setelah sekian lama dengan Riri Riza dan juga Mira Lesmana. Pertemuan mereka pun menimbulkan stigma bahwa sekuel dari film anak tersebut akan segera terealisasikan. 

Namun lebih lanjut pihak Miles Film selaku rumah produksi belum memberikan keterangan resminya terkait isu hangat tersebut. Selain kisah petualangan seru tersebut, film ini juga meninggalkan sejumlah lagu-lagu anak yang hit seperti Anak Mami, Lihatlah Lebih Dekat, Persahabatan, Jagoan, Bintang-Bintang, Kertarejasa, Menikmati Hari, dan Petualangan Sherina

Film ini juga dimeriahkan oleh penampilan sejumlah aktor ternama mulai dari Didi Petet, Uci Nurul, Mathias Muchus, Dewi Hughes, Butet Kertaradjasa, Alyssa Soebandono, Ratna Riantiarno, dan masih banyak lagi. 

2. Catatan Akhir Sekolah



Beranjak ke bangku SMU, kisa petualangan 3 remaja pria dalam membuat film dokumenter sebelum perpisahan datang yakni Catatan Akhir Sekolah. Mengingat nakalnya Arian (Vino G Bastian), Agni (Ramon Y Tungka), dan Alde (Marcel Chandrawinata), mendorong remaja kelahiran 90-an kembali bernostalgia. 

Di mana ketiganya memiliki mimpi untuk membuat sebuah film dan mendokumentasikan kegiatan siswa di sekolah. Sayangnya aksi mereka dalam membawa kamera tertangkap basah oleh guru, yang justru membawa kisah baru dalam video dokumenter mereka yang diputar dalam malam pesta perpisahan. 

3. Dilan 1990



Jika membayangkan anak SMA yang suka tauran dan bertengkar, maka Dilan 1990 lah yang jadi jawabannya. Film yang disutradarai Fajar Bustomi dan Pidi Baiq ini menjadi favorit remaja saat ini dan berhasil merajai box office bioskop Indonesia. 

Film ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan juga Vanesha Prescilla. Di mana kisah cinta anak remaja ini digambarkan pada tahun 1990-an. Film ini juga diangkat dari sebuah novel best seller karya Pidi Baiq.

4. Bebas 



Bagaimana rasanya punya genk satu sekolah yang memiliki karakter berbeda-beda? Atau menyaksikan film dengan banyak pesan moral yang tersimpan di dalamnya? Hal itu bisa didapatkan lewat film Bebas, yang diadaptasi dari film Sunny asal Korea Selatan. 

Film ini disutradarai oleh Mira Lesmana, yang juga menjadi sutradara untuk film remaja hit, Ada Apa Dengan Cinta (AADC). Lewat film Bebas, Mira menyuguhkan banyolan khas remaja pada masanya, hingga menyisipkan pesan dan sindiran terkait kekerasan, pelecehan seksual, isu gender, dan juga faktor bullying di sekolah.

Dibintangi oleh banyak sekali aktor dan aktris ternama, Bebas berhasil masuk ke dalam nominasi Festival Film Indonesia 2019. Tak tanggung-tanggung, Bebas berhasil meraih delapan nominasi untuk film yang dibintangi Agatha Pricilla, Baskara Mahendra, Marsha Timothy, Maizura, Sheryl Sheinafia, Indy Barends, Baim Wong, dan masih banyak lagi. 

5. Ada Apa Dengan Cinta



Kisah Rangga dan Cinta memang enggak akan pernah mati kemakan zaman. Percintaan khas remaja yang doyan sastra ini menjadi salah satu film anak sekolahan pada umumnya. 

Menampilkan Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo, film yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo ini membuat remaja tahun 80 hingga 90-an mengingat gerakan tarian khas genk wanita Cinta (Dian Sastrowardoyo) dengan lagu “Ku Bahagia” milik Melly Goeslaw.

Selain itu, poster identik milik Ada Apa Dengan Cinta memberi pesan dan pengingat mendalam bagi para penonton dan penggemar. Film ini juga tayang secara internasional dengan judul What’s Up With Love? Dan Ganbare, Ai atau Beautiful Days dalam bahasa Jepang. 

Selain kelima film bertema anak sekolahan di atas, masih banyak sekali film-film Indonesia lainnya yang mengangkat tema serupa, seperti Dua Garis Biru, Mariposa, Posesif, Dear Nathan, Refrain, Remember When, Galih dan Ratna, Marmut Merah Jambu, dan masih banyak lagi. 


 

Tag: film indonesia

Bagikan: