Anjuran Memilih Finger Food yang Sehat untuk Camilan Si Kecil

| 03 Jun 2020 16:00
Anjuran Memilih Finger Food yang Sehat untuk Camilan Si Kecil
Ilustrasi (Unsplash/Shirota Yuri)
Jakarta, era.id - Melengkapi kebutuhan nutrisi bayi pada momen makan pertama, camilan sehat berbahan organik bisa membantu menstimulasi sensor motorik si kecil. Camilan dengan aneka bentuk yang menyesuaikan dengan ukuran tangan si kecil membuat buah hati leluasa untuk mencubit dan mengambil benda kecil di sekitarnya.

"Pemberian makanan kecil yang sesuai dengan tangan si kecil, atau dikenal dengan finger food adalah cara yang dianjurkan untuk mendukung koordinasi antara mata dan tangan si kecil, mengembangkan kemampuan menjepit dan mencengkeram, serta keterampilan mengunyah. Pemberian finger food merupakan stimulasi yang tepat untuk merangsang pertumbuhan dan mengaktifkan panca indra dan kemampuan motorik halus si kecil," papar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur dikutip dari siaran pers yang diterima Era.id.

Stimulasi indra perabaan ini hendaknya dilakukan setiap ada kesempatan berinteraksi dengan si kecil, misalnya ketika momen makan besar, bermain, bahkan makan camilan. Stimulasi yang dilakukan terus-menerus dapat mendukung tumbuh kembang si kecil, memacu kecerdasan, membantu menguatkan koneksi serabut otak (sinapsis) dan sel-sel otak guna mendukung fungsi otak yang optimal.

"Stimulasi ini juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, fokus, perhatian si kecil di kemudian hari,” lanjut dr. Muliaman

Selain stimulasi yang dilakukan secara rutin, agar tumbuh kembang anak optimal juga perlu diimbangi pemberian asupan nutrisi yang tepat. Salah satu pilihan yang dapat Bunda berikan pada si kecil adalah makanan camilan berbahan organik. Bersumber dari pangan organik, cenderung lebih menyehatkan karena diproses tanpa menggunakan benih transgenik atau rekayasa genetik. Pangan organik juga mengandung kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, protein, dan berbagai zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan.

Christofer Samuel Lesmana, Business Unit Head for Baby and Kids Food Category Kalbe Nutritionals menjelaskan, makanan camilan organik dapat melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil setiap hari.

“Asupan nutrisi seimbang sangat penting bagi si kecil untuk meningkatkan kesehatan, kecerdasan dan tumbuh kembang yang optimal. Selain membiasakan pola makan makanan utama bergizi seimbang dengan jadwal tiga kali dalam sehari, si kecil juga perlu mendapat asupan makanan camilan di sela waktu jam makan utama. Makanan selingan ini dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil,” papar Christofer.

Camilan yang mengandung zat-zat gizi penting membantu pertumbuhan dan perkembangan optimal si kecil, di antaranya zat besi dan kalsium. Zat besi berperan dalam proses pembentukan hemoglobin darah, sedangkan kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Maka pilihlah camilan sehat organik ini juga diproses tanpa bahan-bahan pengawet, pemanis buatan, penguat rasa ataupun pewarna sintesis.

Tags :
Rekomendasi