Apple Siapkan Emoji untuk Kaum Disabilitas

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Foto: emojipedia.org)

Los Angeles, era.id - Perusahaan smartphone raksasa asal Amerika Serikat, Apple berkeinginan menambah koleksi emojinya. Mereka berencana mempublikasikan emoji yang menggambarkan pengalaman para penyandang disabilitas.

Dilansir dari emojipedia.org, Senin (26/3/2018), Unicode Consortium, pihak ketiga yang membuat berbagai emoji, diminta secara khusus oleh Apple untuk membuat emoji-emoji ini. Mereka juga menggandeng American Council of The Blind, Cerbral Palsy Foundation, dan National Association of the Deaf untuk menggagas kerja sama dengan Unicode.

"Apple meminta penambahan emoji untuk lebih mewakili individu penyandang disabilitas. Saat ini, emoji menyediakan berbagai pilihan, tetapi mungkin tidak mewakili pengalaman para penyandang disabilitas," kata perwakilan pihak Apple.

Total ada 13 emoji baru yang sudah dipertimbangkan dengan matang berdasarkan, antara lain, proporsi jumlah pria dan wanita dan penggunaan warna kulit. Berikut contoh emoji-emoji seri disabilitas yang akan ditampilkan:

1. Anjing pemandu


2. Orang dengan tongkat bimbing


3. Telinga dengan alat bantu dengar


4. Simbol bahasa tubuh


5. Orang duduk di kursi roda

Komite Unicode akan kembali melakukan pertemuan dengan Adobe Headquarters untuk melanjutkan sentuhan akhir dari emoji tersebut. Apabila disetujui Apple, maka emoji tema disabilitas ini akan ditampilkan pada pertengahan 2018. Selain digunakan pada iOS, Unicode memproyeksikan emoji tersebut juga dapat digunakan pada Android.

Tag: chipset teknologi 7nm

Bagikan: