Agar Lalu Lintas Tak Terganggu, Kapolda Metro Jaya Usulkan Demonstrasi di Jakarta Pindah ke Dalam Monas

| 23 Sep 2022 06:03
Agar Lalu Lintas Tak Terganggu, Kapolda Metro Jaya Usulkan Demonstrasi di Jakarta Pindah ke Dalam Monas
Kapolda Metro Jaya Fadil Imran (Ist)

ERA.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengusulkan agar kawasan Monas Barat Daya menjadi tempat khusus masyarakat untuk menyampaikan aspirasi.

Hal ini disampaikan Fadil saat berdiskusi dengan tokoh agama, mahasiswa, serikat pekerja dan Ormas di Gedung Balai Pertemuan Metro jaya, Kamis (22/9/2022).

"Saya lihat Monas Barat Daya cukup luas. Ini bisa masuk 5 ribu sampai 6 ribu orang daripada kita harus demokrasi di jalan Medan Merdeka Barat," ujar Fadil Imran.

Fadil menerangkan masyarakat yang melakukan unjuk rasa di Istana Kepresidenan akan diarahkan ke Jl Medan Merdeka Barat atau Patung Kuda Arjuna Wijaya. Lokasi tersebut, sambungnya, mengganggu arus lalu lintas karena dilakukan penutupan jalan

Sementara kawasan Monas Barat Daya dia nilai memadai baik dari segi kapasitas maupun lokasi. Eks Kapolda Jawa Timur ini mengaku siap memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti panggung bila unjuk rasa dilakukan di Monas Barat Daya.

"Ini sebuah konsep yang ingin saya bawakan kepada adik-adik mahasiswa Saya akan siapkan panggung di sini. Jadi saya sudah beli sound system dengan kekuatan 30 ribu volt," ujar dia.

Fadil menerangkan unjuk rasa di kawasan Monas Barat Daya dipastikan tidak akan berdampak pada arus lalu lintas.

"Jadi arus lalu lintas ini tetap bisa lancar dari timur dari utara demikian juga arus lalu lintas dari selatan dan barat kalau kita melaksanakan demo di silang Monas. Saya sudah konsepkan dengan Pangdam. Jadi terserah mau menghadap ke luar sini boleh mau menghadap ke Monas boleh," ujar Fadil.

Rekomendasi