Warga Sebut Car Free Day di Jalan Gatot Subroto Bikin Macet Parah

| 17 Mar 2023 14:51
Warga Sebut Car Free Day di Jalan Gatot Subroto Bikin Macet Parah
Car Free Day di Jalan Gatot Subroto. (Sachril/ERA.id)

ERA.id - Polda Metro Jaya menerapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) tiap Jumat per 3 Maret lalu. Kebijakan ini malah membuat kemacetan panjang di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada pagi tadi, Jumat (

Gerbang depan Polda Metro Jaya ditutup dengan road barrier dan dijaga sejumlah personel. Akibat penerapan car free day ini, banyak orang yang memarkirkan kendaraannya di depan Polda Metro Jaya.

Banyaknya pengendara yang parkir liar menyebabkan sebagian badan jalan terambil hingga berujung kemacetan panjang.

Kendaraan yang keluar dari tol dalam kota untuk masuk Jalan Gatot Subroto ataupun pengendara yang dari arah Mampang Prapatan ke Slipi, baru dapat melaju dengan lancar ketika melewati Polda Metro Jaya.

"Iya (kena) macet, saya dari Cipayung ke Senayan biasanya 45 menit, tadi malah 1,5 jam. Saya bawa motor, (lama di perjalanan) kena macet parah di Jalan Gatot Subroto, lancar pas sudah lewat Polda," kata seorang karyawan swasta, Tiar (27), Jumat (17/3/2023).

Tiar awalnya tak mengetahui mengapa kemacetan ini terjadi dan menganggap, tersendatnya arus lalu lintas karena ada kecelakaan. Dia tak tahu jika Polda Metro Jaya menerapkan car free day tiap Jumat.

"Tadi dikasih tahu teman kalau macet pagi tadi karena car free day Polda," ujarnya.

ERA mencoba mengkonfirmasi ini ke Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. Namun, Trunoyudo belum merespon saat dihubungi.

Rekomendasi