5 Album Kpop Terbaik dan Terlaris Sepanjang Tahun 2020

Tim Editor

BTS Rajai Penjualan Album Kpop (Tangkapan Layar YouTube: Big Hit Labels)

ERA.id - Penggemar Kpop di masa pandemi Covid-19 tak goyah sedikit pun untuk tetap menunjukkan cinta dan dukungannya ke idola mereka. Hal ini mereka buktikan dengan membeli album hingga merchandise resmi yang dikeluarkan oleh agensi. 

Menurut catatan Gaon Chart angka penjualan album di tahun 2020 sudah mulai meningkat sejak memasuki awal tahun atau kuartal pertama di tahun 2020. Memasuki pertengahan tahun, tepatnya bulan Juli 2020, data dari Gaon Chart menunjukkan 18,08 juta album berhasil terjual. 

Dari data yang didapatkan tersebut diperkirakan penjualan album Kpop meningkat dari luar negeri. Bahkan menurut prediksi Kepala Peneliti Gaon, Kim Jin-woo, album Kpop di luar negeri bisa terjual hingga 35 juta kopi. 

Berikut ini 5 album terbaik dan terlaris sepanjang tahun 2020. 

BTS - Map of the Soul: 7

Album BTS yang bertajuk Map of the Soul: 7 berhasil menempati posisi teratas dari album terbaik dan terlaris sepanjang tahun 2020. Sampai saat ini album yang berisikan 10 lagu itu berhasil terjual hingga 4,3 juta keping. 

BTS - BE (Deluxe Edition)

Masih dipegang oleh Jungkook Cs kali ini album teranyar yang dirilis mereka, BE menjadi album terlaris kedua di tahun 2020. Meski belum bisa melampaui angka penjualan album Map of the Soul: 7, album BE terjual sebanyak 2,6 juta kopi. 

Album BE ini merupakan album ke delapan yanh dirilis oleh BTS menjelang penutupan tahun 2020, tepatnya pada 20 November. Selain itu lagu andalan “Life Goes On” juga berhasil masuk ke tangga lagu Billboard sejak rilis pertama kali. 

NCT - RESONANCE Pt. 1

Proyek gabungan dari semua sub-unit NCT berhasil disatukan oleh SM Entertainment lewat album RESONANCE Pt. 1. Berisikan 12 lagu, album ini menempati posisi ketiga dengan angka penjualan mencapai 1,45 juta keping album. 

Menariknya selain menggabungkan NCT 127, NCT U, NCT Dream, dan juga WayV, agensi menambahkan dua member baru yaitu Shutaro dan Sungchan. 

SEVENTEEN - Heng:garae

Sejak pertama kali debut di tahun 2015, SEVENTEEN akhrinya menorehkan sejarah baru dengan mencetak rekor angka penjualan album. Lewat album Hebg:garae, Vernon Cs menempati posisi keempat sebagai album terlaris di tahun 2020. 

Secara keseluruhan album SEVENTEEN yang diberi judul Heng:garae ini berhasil terjual sebanyak 1,4 juta kopi. 

BLACKPINK - THE ALBUM

Album penuh pertama dari BLACKPINK, THE ALBUM berhasil masuk jajaran lima besar album terlaris di tahun 2020. Album yang juga menjadi penantian panjang dari para fan ini berhasil terjual sebanyak 1,2 juta keping. 

Selain sebagai album penuh pertama, Rose Cs juga menggandeng sejumlah musisi ternama untuk berkolaborasi, seperti Selena Gomez di lagu “Ice Cream”, hingga rapper Cardi B untuk lagu “Bet You Wanna”. 

Itu lah 5 album Kpop terbaik dan juga terlaris sepanjang tahun 2020. 

Tag: kpop blackpink album bts bts

Bagikan: