Mick Jagger Pilih Kembalikan Uang Ketimbang Lanjutkan Menulis Otobiografi Dirinya: Saya Tidak Menikmatinya

Tim Editor

Mick Jagger (Instagram/mickjagger)

ERA.id - Musisi legendaris Mick Jagger memilih untuk mengembalikan uang dari penerbit ketimbang melanjutkan untuk menulis otobiografi dirinya. Ia menyebut dirinya tidak menikmati sama sekali selama proses penulisan. 

Baru-baru ini Mick Jagger berbincang dengan BBC 6 Music dan membahas tentang otobiografi dirinya. Sayangnya legenda rock itu enggan melanjutkan penulisan selama karantina dan tidak berencana untuk melakukannya.

"Saat saya mulai, itu di tahun 80-an. Saya ditawari banyak uang dan uang itu bagian yang menggiurkan," katanya. "Dan ketika saya mulai benar-benar memahaminya, saya benar-benar tidak menikmatinya. Dan yang tidak saya nikmati adalah menghidupkan kembali hidup saya, kerugian hidup di saat ini," lanjutnya. 

Lalu, kata Jagger, menulis otobiografi bukan lah waktu yang singkat. Bahkan proses penulisan tidak bisa dilakukan dalam waktu seminggu. 

Belum lagi emosi yang harus dikumpulkan demi mengingat banyak momen yang telah dilewati seperti menghidupkan persahabatan. menghidupkan pasang surut karier dan kehidupan, seerta mengungkap pengalaman yang tidak menyenangkan. 

"Dibutuhkan banyak emosi, menghidupkan kembali persahabatan, menghidupkan kembali pasang surut dan saya harus mengatakan bahwa itu bukan pengalaman yang paling menyenangkan," ungkapnya. 

Pelantun "EAZY SLEAZY" menggambarkan proses penulisan otobiografi sangatlah membosankan dan juga menjengkelkan. Bahkan ia memilih untuk mengembalikan uang penerbit dari pada melanjutkan untuk menyusun otobiografi dirinya. 

Saat itu, katanya, ia mengatakan dirinya akan melakukan itu semua lain waktu. Namun ia juga menegaskan dirinya tidak menikmati proses dari penulisan otobiografinya. 

Lalu, vokalis The Rolling Stones itu juga mengungkap dirinya sempat berpikir bisa beradaptasi dan mengumpulkan niatnya untuk menulis. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Ia dihadapkan dengan kondisi yang menyulitkan dirinya sendiri. 

"Kamu harus bergaul dengan orang-orang yang kamu habiskan lebih lama dari biasanya, kamu harus bersabar, belajar kemandirian," ujarnya. 

Meski enggan melanjutkan untuk menulis, musisi kelahiran 26 Juli 1943 itu bersyukur bisa punya ruang terbuka untuk melewati dan mengatasi rasa bosannya. 

Lebih lanjut, Mick Jagger mengatakan dirinya masih cukup produktif di masa pandemi saat ini. Sebab ia masih bisa menulis dan membuat lagu di tengah pandemi. Bahkan ia bisa berkolaborasi dengan banyak orang. 

"Saya telah menulis banyak lagu dan melakukan semacam rekaman yang sudah selesai. Saya telah melakukan banyak sketsa dan demo dan saya telah bekerja dengan beberapa produser di LA dan musisi di seluruh dunia, kebanyakan menulis sesuatu," tutupnya. 

Tag: Mick Jagger Otobiografi Mick Jagger Musisi Rock Legendaris

Bagikan: