Daftar ke KPU Hari ini, Ribuan Kader Gerindra-PKB Bakal Pawai dari Masjid Sunda Kelapa

| 08 Aug 2022 09:05
Daftar ke KPU Hari ini, Ribuan Kader Gerindra-PKB Bakal Pawai dari Masjid Sunda Kelapa
Ilustrasi KPU (Dok. Antara)

ERA.id - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mendaftar sebagai partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini, Senin (8/8/2022).

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda mengatakan, rencananya partainya dan Gerindra akan berangkat bersama-sama dari Masjid Sunda Kelapa, Jakarta. Pemilihan masjid sebagai titik start ini menjadi penanda jika kerja sama politik kedua partai ditujukan sepenuhnya untuk kemaslahatan rakyat Indonesia.

"Kami ingin pendaftaran bersama kedua partai menjadi peserta Pemilu 2024 ini menjadi titik tolak kerja sama politik yang lebih konstruktif di masa depan. Maka kami ingin mengawali keberangkatan dari Masjid Sunda Kelapa untuk kemudian bersama-sama menuju Kantor KPU," kata Huda melalui keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Huda mengatakan, akan ada sekitar 1.000 kader kedua partai yang akan ikut prosesi pawai dari Masjid Sunda Kelapa menuju Kantor KPU. Pawai ini akan diiringi marching band yang akan membawakan lagu-lagu perjuangan.

Nantinya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan ikut bergabung dalam pawai ini sebelum masuk ke kantor KPU.

"Pendaftaran Gerindra dan PKB sebagai peserta Pemilu ini akan dipimpin langsung oleh Pak Bowo dan Gus Muhaimin. Ini juga sebagai penanda kian seriusnya kerja sama politik dari kedua belah pihak," kata Huda.

Adapun pemilihan Masjid Sunda Kelapa sebagai titik keberangkatan kader Gerindra dan PKB mempunyai banyak makna. Salah satunya bahwa kerja sama politik kedua partai tersebut berawal dari niat baik sebagai ikhitiar memberikan kemaslahatan lebih besar bagi rakyat Indonesia.

"Pemilihan masjid sebagai titik tolak keberangkatan ini juga sama semangatnya dengan pemilihan waktu pendaftaran di 10 Muharam yang juga merupakan hari baik dan mempunyai makna besar terhadap titik tolak kemenangan para tokoh besar dunia," ucapnya.

Huda menambahkan, setelah selesai melakukan pendaftaran, Prabowo dan Muhaimin akan melakukan konfrensi pres bersama setelah menyelesaikan rangkaian pendaftaran di kantor KPU.

Menurutnya, kedua pimpinan partai politik tersebut akan menyampaikan berbagai isu strategis terkait kerja sama Gerindra dan PKB dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Nantinya Pak Bowo dan Gus Muhaimin akan menyampakan pernyataan pres bersama terkait kerja sama politik kedua belah pihak dalam menghadapi Pemilu 2024," kata Huda.

Sebagai informasi, pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 memasuki hari kedelapan dan akan ditutup pada 14 Agustus 2022.

Hari ini dijadwalkan empat partai politik akan mendaftar ke KPU. Diantaranya yaitu Partai Republikku pada pukul 11.00 WIB. Disusul Partai Hanura sekitar pukul 13.00 WIB. Sementara Gerindra dan PKB akan mendaftar pada pukul 15.00 WIB.

Rekomendasi