Anies Bakal Ketemu AHY Besok Pagi, NasDem: Insyaallah Berkoalisi

| 06 Oct 2022 18:33
Anies Bakal Ketemu AHY Besok Pagi, NasDem: Insyaallah Berkoalisi
Momen Anies Ketemu AHY, didampingi Jusuf Kalla, Ahmad Syaikhu, dan Surya Paloh (Dok. Andi Arief).

ERA.id - Sinyal koalisi antara NasDem dan Demokrat kian menguat setelah beredarnya rencana pertemuan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sebelumnya, NasDem resmi mengusung Anies sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Ya iyalah. Saya yakin menguatkan (sinyal koalisi)," kata Ketua DPP NasDem Effendi Choirie, Kamis (6/10/2022).

Effendi mengatakan, NasDem tak mampu jika harus mengusung Anies sendirian, sebab belum memenuhi ambang batas presiden 20 persen.

Begitu juga jika partainya hanya berkoalisi dengan PKS. Namun, syarat 20 persen untuk bisa mengusung capres dapat terwujud, jika Demokrat berkoalisi dengan NasDem.

"Kalau tanpa Demokrat, hanya NasDem saja enggak cukup. Dengan NasDem, PKS juga enggak cukup," kata Effendi.

"Ketiganya ini harus melihat kelebihan, bukan melihat kekurangan. Melihat yang positif, jangan yang negatif," imbuhnya.

Dengan begitu, diharapkan koalisi tiga partai tersebut bisa segera terealisasikan. "Insyaallah, yakin (berkoalisi dengan Demokrat)," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) besok.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Jansen Sitindaon membenarkan. "Benar. Jika tidak ada aral merintang, rencananya memang begitu," kata Jansen kepada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Jansen mengatakan, rencananya Anies akan berkunjung ke kantor Demokrat pada pagi hari. AHY dijadwalkan akan menyambut langsung kedatangan Anies.

Namun, Jansen belum mau terbuka soal topik pembicaraan yang akan mereka bahas. "Besok pagi Mas Anies akan berkunjung ke DPP Demokrat, bertemu Mas Ketum AHY," kata Jansen.

Rekomendasi