Andi Arief: Demokrat Bakal Dukung Anies Habis-habisan di Pilpres 2024 dengan Syarat...

| 07 Oct 2022 10:31
Andi Arief: Demokrat Bakal Dukung Anies Habis-habisan di Pilpres 2024 dengan Syarat...
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor DPP Demokrat. (Gabriella Thesa/ERA.id)

ERA.id - Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Andi Arief mengatakan partainya siap mendukung Anies Baswedan habis-habisan di Pilpres 2024.

Syaratnya, Gubernur DKI Jakarta itu harus setia dengan Demokrat dan koalisi nantinya. "Selama Anies konsisten dengan janjinya kepada Partai Demokrat dan secara umum kepada koalisi, maka Partai Demokrat akan memberikan effort 1.000 kali lipat lebih besar dari yang dapat diberikan Anies," kata Andi dalam keterangan, dikutip Jumat (7/10/2022).

Ucapan Andi bukan tanpa maksud. Dia mengatakan, belajar dari pengalaman pada Pilpres 2019 lalu, Demokrat ingin lebih waspada dalam membentuk koalisi pun mengusung tokoh sebagai capres.

"Pengalaman Partai Demokrat di masa lalu menjelang pencalonan Pilpres, cukup menjadi cermin dan pembelajaran yang baik. Bukan berarti Demokrat trauma dengan pengalaman masa lalu tersebut. Namun koalisi yang baik harus dimulai dengan kewaspadaan," kata Andi.

Sementara terkait kedatangan Anies ke Kantor DPP Partai Demokrat hari ini, Andi mengatakan bahwa hal ini akan menjadi jawaban publik yang menginginkan Anies maju sebagai kandidat Presiden 2024 berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Namun, Demokrat yakin dengan berlangsungnya pertemuan besok di DPP adalah pertanda baik, sekaligus makin meneguhkan bahwa Anies adalah bagian dari tokoh perubahan dan perbaikan.

"Karenanya, Anies sedang melalui tahap pertama ujian untuk tidak mencederai janji dan komitmennya terhadap Partai Demokrat dan koalisi. Partai Demokrat dan rakyat Indonesia sedang menantikan hal itu," tegasnya.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamaso, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022).

Berdasarkan pantauan, Anies tiba sekitar pukul 9:30 WIB. Anies memakai kemeja berwarna biru muda dan rompi berwarna biru tua bertuliskan "Jakarta".

Kedatangan Anies disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari pintu gerbang kantor DPP partainya.

Kehadiran Anies pun disambut meriah oleh para kader Partai Demokrat yang sudah berkumpul sejak pagi tadi.

"Yoo... Ayoo.. Anies-AHY.. Ku yakin, kita pasti menang," teriak yel-yel para kader.

"Anies-AHY, pemimpin gerakan perubahan," teriak kader lainnya.

Anies dan AHY juga sempat memamerkan salam komando sebelum masuk dan bertemu secara tertutup. Kedatangan Anies ke Partai Demokrat ini hanya berselang beberapa hari setelah dideklarasikan sebagai capres oleh Partai NasDem.

Rekomendasi