Kapolri Minta Anggotanya Tak Pamer Mobil Mewah: Kalau Bupati Pakai Innova, Kita Jangan Pakai Mobil yang Lebih Bagus

| 24 Oct 2022 15:44
Kapolri Minta Anggotanya Tak Pamer Mobil Mewah: Kalau Bupati Pakai Innova, Kita Jangan Pakai Mobil yang Lebih Bagus
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (Instagram)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajaran Korps Bhayangkara untuk tidak memamerkan kemewahan. Listyo ingin agar kebiasaan bergaya hedonisme seperti pemakaian mobil mewah atau motor gede (moge) ini dikurangi.

"Saya kira masalah kebiasaan-kebiasaan, menggunakan mobil-mobil bagus, motor gede, situasinya lagi tidak baik. Saya tahu mungkin keluarga rekan-rekan juga berangkat dari orang berada tapi saat ini bukan waktunya untuk untuk di pamer-pamerkan," kata Listyo dilihat di Instagram-nya @listyosigitprabowo, Senin (24/10/2022).

Listyo menerangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah memerintahkan agar seluruh anggota Polri tidak tampil mewah atau menerapkan hidup sederhana. Mantan Kabareskrim ini juga mengatakan Polri sudah memiliki surat telegram rahasia (STR) yang mengatur gaya hidup anggota polisi.

Dia memberi contoh agar kebiasaan bergaya hidup mewah ini dihilangkan.

Misalnya, ketika seorang bupati yang hanya menggunakan mobil jenis Toyota Innova. Listyo ingin agar kapolres tidak menggunakan kendaraan yang lebih mewah dari Innova atau bupati tersebut.

Kapolri mengakui gaya hidup hedonis ini cukup sulit dihilangkan, namun hal ini, kata dia, harus dilakukan agar Polri menjadi lebih baik lagi.

"Dalam hubungan Forkopimda sesuaikan saja dengan yang lain. Misalkan, bupati pakai Innova ya jangan kita pakai mobil yang lebih baik dari itu. Samakan saja. Apalagi pada saat melaksanakan dinas disesuaikan," tegas Sigit.

"Kapolres seperti apa, Kapolda seperti apa, Kapolsek seperti apa sehingga kemudian kita tidak terlihat mencolok karena berbeda dan itu dianggap menjadi hal-hal yang kemudian dianggap itu hedonis," tambahnya.

Rekomendasi