Pesan Penting Mendari ke Tiga Pj Gubernur DOB Papua yang Baru Dilantik untuk Menjabat Setahun

| 11 Nov 2022 15:00
Pesan Penting Mendari ke Tiga Pj Gubernur DOB Papua yang Baru Dilantik untuk Menjabat Setahun
Mendagri Tito Karnavian (Antara)

ERA.id - Ada tiga penjabat (Pj) gubernur daerah otonomi baru (DOB) Papua yang baru dilantik, hanya akan menjabat selama setahun saja.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat melantik Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, dan Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

"Penjabat gubernur diangkat untuk masa jabatan satu tahun," kata Tito.

Ditemui usai acara, dia mengatakan, meski hanya menjabat selama satu tahun, namun pemerintah pusat banyak menitipan pesan kepada para Pj yang baru dilantik.

Pertama, para Pj gubernur itu diminta untuk menjaga stabilitas politik di pemerintahan daerahnya masing-masing, supaya tidak menganggu jalannya pembangunan.

"Kita lihat Afghanistan, Siria, Ukraina itu sumber daya hebat, tapi kalau politik pemerintahannya terjadi kekacauan kan enggak bisa bekerja," ucapnya.

"Sama dulu ada konflik Ambon, Poso. Bagaimana pembangunan mau berjalan kalau sudah terjadi instabilisasi politik pemerintah," imbuh Tito.

Selanjutnya, mempercepat harmonisasi program-program pemerintah dengan Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Papua yang dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kalau politik pemerintahannya bagus, maka program-program itu sesuai dengan tantangan masing-masing," pungkasnya.

Rekomendasi