Kapolri: Seluruh Penumpang Susi Air Kasus di Papua Berhasil Dievakuasi

| 08 Feb 2023 19:40
Kapolri: Seluruh Penumpang Susi Air Kasus di Papua Berhasil Dievakuasi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Antara)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan lima penumpang pesawat maskapai Susi Air berhasil dievakuasi setelah transportasi udara itu dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, pada Selasa (7/2) kemarin di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

"Untuk penumpang saat ini semuanya sudah bisa diamankan, sudah dievakuasi," kata Listyo kepada wartawan, di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Mantan Kabareskrim Polri ini menegaskan, kelima penumpang pesawat Susi Air ini tidak disandera KKB Papua. Untuk pilot pesawat tersebut, yakni Philips Max Marthin, masih belum berhasil diselamatkan atau masih dalam proses pencarian.

Dia menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk tindakan selanjutnya.

"Kita sudah bicara dengan beberapa, khususnya New Zealand sendiri, bahwa serahkan kepada kita dan kita akan ambil langkah-langkah penyelamatan pilot dari Susi Air saat ini sedang dalam pencarian," ujarnya. 

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono manambahkan pilot yang hilang usai insiden pembakaran pesawat ini, sudah diketahui keberadaannya.

"Belum, tapi sudah terdeteksi. Makanya dengan tadi sudah kita evakuasi 15 prioritasnya sekarang ini untuk mencari pilotnya," kata Yudo.

Rekomendasi