Manisnya Sanjungan PBNU kepada Puan Maharani

| 22 Mar 2023 09:31
Manisnya Sanjungan PBNU kepada Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani di Pondok Pesantren Darul Ulum di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

ERA.id - Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) menyanjung Ketua DPR Puan Maharani dengan manis.

Katanya, Puan pemimpin yang memiliki kepedulian besar terhadap pondok pesantren. "Sebagai pimpinan DPR RI, Puan berulang kali menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia," katanya, Selasa kemarin.

Dia menyatakan hal itu menanggapi kunjungan Puan ke Pondok Pesantren Darul Ulum di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Dalam kunjungan yang dihadiri oleh ribuan warga itu, Puan berkomitmen memperjuangkan dibangunnya rusunawa untuk dihuni para santri.

Puan juga secara simbolis menyerahkan bantuan senilai Rp600 juta dari Kementerian Agama RI. Ketua DPR RI perempuan pertama ini juga menyerahkan bantuan alsintan berupa 1 unit traktor roda empat, 2 traktor roda dua, 2 unit cultivator, dan 5 unit handsprayer untuk pondok pesantren.

Anggota DPR RI itu menyatakan, rekam jejaknya menunjukkan Puan Maharani memiliki kepedulian tinggi terhadap pesantren.

Enam bulan lalu, misalnya, Puan Maharani memberikan bantuan berupa uang Rp10 juta untuk dibelikan kitab bagi para santri Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur'an wal Hadits di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Politisi PDI Perjuangan itu juga menunjukkan perhatian pada salah satu program di ponpes, yakni pendidikan karakter dan kebangsaan.

"Kepedulian Puan pada pesantren juga terlihat dari ketika beliau mendesak pemerintah mengevaluasi sistem pembelajaran di Ponpes se-tanah air, pasca kasus kematian yang dialami santri Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Jawa Timur, beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Gus Falah juga mengungkapkan fakta ketika Puan Maharani mengupayakan pembangunan rumah susun di Pondok Pesantren Al-Qur’an Azzayadiy, Sukoharjo, Jawa Tengah, saat cucu Bung Karno itu masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Gus Falah menyatakan, sebagai bagian dari umat Islam, Puan menyadari kontribusi penting pondok pesantren bagi kemaslahatan umat Islam di Indonesia.

"Pondok pesantren ini punya akar kuat di masyarakat Muslim Indonesia, sebagai tokoh yang punya kepedulian besar pada umat Islam, sangat wajar apabila Puan punya kepedulian besar pada manifestasi agung peradaban Islam nusantara, yakni pesantren," kata sekretaris umum Bamusi itu.

Rekomendasi