Kasus Rasisme Terhadap Natalius Pigai Ditangani Mabes Polri, Masyarakat Papua Diminta Tenang

| 26 Jan 2021 17:46
Kasus Rasisme Terhadap Natalius Pigai Ditangani Mabes Polri, Masyarakat Papua Diminta Tenang
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (Dok. Antara)

ERA.id - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan bahwa kasus dugaan rasisme terhadap Natalius Pigai saat ini ditangani Mabes Polri. Karena itu masyarakat di Papua diminta tidak terprovokasi dan tetap tenang serta tidak melakukan aksi-aksi, harap Kapolda Papua di Jayapura, Selasa.

Kapolda sudah menerima perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ingin melaporkan pernyataan Ambroncius Nababan yang disampaikan dalam akun facebook-nya dan dalam pertemuan tersebut sudah disampaikan bila kasusnya sudah ditangani Mabes Polri dalam hal ini Bareskrim Polri. Untuk itu diharapkan masyarakat tidak terprovokasi karena kasusnya ditangani kepolisian, harap Irjen Pol Waterpauw.

Ketua Kerukunan Masyarakat Batak Provinsi Papua Kenan Sipayung mengatakan tindakan rasisme yang dilakukan Ambroncius Nababan dikecam oleh pihaknya.

"Kerukunan Masyarakat Batak Provinsi Papua meminta kepada pihak kepolisian Republik Indonesia untuk mengusut tuntas serta memprosesnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya dalam siaran persnya di Jayapura dikutip dari Antara, Selasa (26/1/2021).

Senada dengan Kenan Sipayung, Tokoh Masyarakat Batak di Tanah Papua Makmur Nababan didampingi Ketua Ikatan Pemuda Batak (IPBP) Jee Somosir mengatakan selain mengeluarkan pernyataan sikap, pihaknya juga berencana mendatangi Polda Papua, untuk membuat laporan polisi terkait dugaan perbuatan melanggar hukum yang dilakukan Ambroncius Nababan.

"Apa yang dilakukan Ambroncius Nababan adalah perbuatan yang melawan hukum, bahkan sangat meresahkan masyarakat Batak yang hidup berdampingan dengan masyarakat dari berbagai suku yang ada di Papua," katanya.

Rekomendasi