Vaksinasi Tahap Kedua, Bio Farma Siapkan 11 Juta Dosis Vaksin Bulan Depan

| 22 Feb 2021 19:44
Vaksinasi Tahap Kedua, Bio Farma Siapkan 11 Juta Dosis Vaksin Bulan Depan
Vaksinasi (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Pemerintah siap melaksanakan vaksin tahap 2 untuk para petugas pelayanan publik dan lanjut usia (lansia). Vaksinasi ini nantinya akan memakan waktu 6 hari.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Bio Farma, Bambang Heriyanto mengatakan pihaknya mensupport rencana pemerintah dan sudah menyiapkan 25 juta dosis vaksin.

“Biofarma mensupport rencana pemerintah dengan mendatangkan 25 juta dosis vaksin yang sudah dalam tahap proses. Untuk bulan ini sudah siap sekitar 7,5 juta dosis, dan untuk bulan Maret diperkirakan 11,4 juta dosis,” ungkapnya dalam bincang daring Vaksinasi Tahap 2: Cinta Untuk Lansia, Senin, (22/02/2021).

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan Khusus untuk lansia, pemerintah secara keseluruhan menargetkan ada 21,5 juta orang yang akan disuntik vaksin.

Namun, untuk tahap awal, pemerintah menyediakan 7 juta dosis vaksin Covid-19 yang diperuntukkan bagi lansia di 34 provinsi.

Namun, karena jumlah vaksin masih terbatas vaksinasi untuk lansia ini menurutnya akan fokus di provinsi yang ada di Jawa-Bali terlebih dulu.

"Sehingga vaksin ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70 persen dari proporsi vaksin yang ada saat ini," tutur Nadia dalam keterangan pers secara virtual lewat YouTube Kemenkes pada Senin (22/02/2021).

"Sementara itu, sebanyak 30 persen dari proporsi vaksin saat ini akan didistribusikan kepada 33 provinsi lain," ungkap Nadia.

Rekomendasi