Biar THR Tak Sekadar Lewat, Simak Tips Ini

| 02 May 2021 16:00
Biar THR Tak Sekadar Lewat, Simak Tips Ini
Ilustrasi THR (Dok. Antara)

ERA.id - Meskipun tahun ini mudik Lebaran dilarang, namun Tunjangan Hari Raya (THR) tetap sesuatu yang ditunggu-tunggu dan tidak banyak dari Anda yang sudah merencanakan pemanfaatannya.

Agar THR tidak sekadar lewat dan lebih berfaedah, simak tips dari dompet digital DANA mengenai pemanfaatan uang ekstra itu secara bijak dan tidak dihamburkan begitu saja.

"THR sebaiknya benar-benar menjadi pendapatan ekstra yang tidak untuk dihambur-hamburkan, tapi harus dikelola dengan cerdas,” ujar Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA, dalam pernyataan resmi, dikutip dari Antara, Selasa (2/5/2021).

Berikut tips mengelola THR secara bijak dan cerdas, agar THR bisa lebih bermanfaat dan tidak sekadar numpang lewat:

1. Buat daftar catatan tujuan keuangan

Pisahkanlah uang THR dengan gaji bulanan. Tentukan tujuan penggunaan uang THR. Sebaiknya sebagian dari uang THR disisihkan untuk dana darurat atau investasi. Bagi pengguna DANA, hal ini bisa semakin mudah dilakukan dengan adanya fitur DANA Goals.

Pengguna dapat membuat hingga 10 tujuan atau goal dengan total target menyesuaikan dengan batas saldo uang elektronik (khusus untuk pengguna DANA Premium) maksimal Rp8 juta.

2. Utamakan kebutuhan

Lebaran adalah momen kemenangan dan kebahagiaan. Namun, kebutuhan sehari-hari termasuk pulsa telepon tetap harus menjadi prioritas agar perayaan Lebaran tidak terganggu.

Masyarakat bisa menggunakan DANA untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di sejumlah supermarket maupun e-commerce selama Lebaran, atau pun membeli pulsa dan paket data dengan mudah dan aman.

3. Jadikan THR penuh berkah dengan sedekah

Pos selanjutnya yang harus dipenuhi dari uang THR adalah adalah untuk membayar zakat yang menjadi kewajiban bagi umat Islam. Selain zakat, bulan Ramadan dan Idul Fitri yang penuh berkah juga bisa dijadikan momen untuk memperbesar amal ibadah melalui sedekah.

Agar pembayaran zakat dan sedekah semakin mudah, praktis dan aman, masyarakat juga bisa memanfaatkan DANA yang sudah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa & Kita Bisa untuk penerimaan dan penyaluran zakat dan sedekah.

4. Sisihkan untuk investasi

Jangan habiskan THR untuk bersenang-senang, sisihkanlah sebagian untuk tabungan darurat atau investasi. Pembagian THR tahun ini bisa jadi momentum yang pas untuk berinvestasi di tengah adanya larangan mudik dan pembatasan pada tempat-tempat liburan.

Investasi yang bisa menjadi pilihan adalah logam mulia emas, yang dianggap sebagai instrumen safe heaven. Di dompet digital DANA, pengguna bisa membeli emas dengan mudah, aman dan terjangkau.

Memanfaatkan DANA eMAS, pengguna bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp10 ribu secara langsung tanpa biaya tambahan.

5. Boleh memanjakan diri, tapi harus sesuai kemampuan

Setelah semua pos pengeluaran yang wajib dan penting dipenuhi, tidak ada salahnya menggunakan uang THR yang tersisa untuk bersenang-senang atau memanjakan diri, khususnya bagi yang suka berbelanja atau bermain game.

Pasalnya, voucher game dengan potongan harga spesial juga tersedia bagi pengguna menemani bulan Ramadan ini. Dengan catatan, uang yang dibelanjakan sepenuhnya adalah sisa THR.

Rekomendasi