Terawan Soal Vaksin Nusantara: Dari 25 Bahan, Hanya 2 yang Diimpor dari Amerika

| 16 Jun 2021 22:15
Terawan Soal Vaksin Nusantara: Dari 25 Bahan, Hanya 2 yang Diimpor dari Amerika
Dokter Terawan Agus Putranto (Merry/era.id)

ERA.id - Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan komposisi dari Vaksin Nusantara yang digagasnyna. Ia mengklaim isi dari satu paket kotak untuk membuat Vaksin tersebut 90 persen menggunakan produk Indonesia.

Ia menyebut dalam satu kotak itu, terdapat 25 bahan yang akan digunakan. Dari 25 bahan tersebut, Terawan mengaku hanya ada dua macam bahan saja yang diimpor dari Amerika, yaitu larutan antigen protein (IM-5124) dan media diferensiasi.

"Isi dari box ini adalah seperti ini. Hampir 90 persen lebih bahan produksinya adalah sudah ada di Indonesia. Bahkan di buat di Indonesia. Ada beberapa yang memang dibuat di Amerika jadi masih kita datangkan (dari Amerika) karena kita masih belum R&D pembuatan itu, jadi masih impor," papar Terawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Ia menambahkan di kemudian hari, 2 bahan yang masih diimpor tersebut bisa dibuat sendiri. Sebab pembuatannya sangat simpel.

"Baik dalam pembuatan antigen karena itu rekombinan bisa kita lakukan di sini. Namun karena paten sudah mereka miliki ya harus kita bekerja sama. Termasuk media diferensiasinya," katanya.

Dalam paparannya, Terawan beberapa kali mengklaim bahwa pembuatan vaksin Nusantara sangat mudah. Misalnya, pembuatan biasa dilakukan di klinik maupuan rumah sakit mana pun selama mereka memiliki fasilitas biological safety cabinet.

"Ini tinggal dibuka gini saja pak, mudah sekali. Sangat simpel," kata Terawan beberapa kali di tengah paparannya.

"Ini kaya masak aja, tapi harus tahu kalau tidak soalnya nanti dikira sulit sekali bikin vaksin," tambahnya.

Rekomendasi