Terseret Sejumlah Kasus, Status Hukum Azis Syamsuddin di KPK Tanda Tanya, Dave Laksono: Saya Yakin Ketua Sudah Mengetahui

Tim Editor

Airlangga Hartarto (Dok. Partai Golkar)

ERA.id - Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM DPP Partai Golkar Supriansa mengaku belum mengetahui status terbaru rekan separtainya yang juga Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin terkait kasus suap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Supriansa mengaku, hingga saat ini belum melihat surat penetpan tersangka terhadap Azis.

"Saya belum mengetahui secara pasti tentang status Pak AS (Azis Syamsuddin). Karena sampai saat ini saya belum pernah melihat surat penetapannya," kata Supriansa kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).


Supriansa mengatakan, Partai Golkar tetap akan menghormati proses hukum di KPK terkait kasus yang menyeret Azis Syamsuddin. Partainya masih mengedapankan asas praduga tak bersalah sampai adanya keputusan resmi.

"Kami juga menghargai semua proses hukum yang ada di KPK terkait proses hukum AS. Mari kita mengedepankan asas praduga tak bersalah sampai adanya keputusan hukum yang tetap," kata Supriansa.

Terpisah, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono juga mengaku belum mengetahui informasi terbaru mengenai kasus yang menimpa Azis. Meski begitu dia meyakini Ketua Umum Airlangga Hartarto sudah mengetahui perkembangan kasus tersebut.

"Saya yakin ketua umum sudah memahami, mengetahui," ujar Dave kepada wartawan di Kompleks DPR RI, Kamis (23/9/2021).

Lebih lanjut, Dave mengaku selama ini komunikasinya dengan Azis terus berjalan. Terhdap kasus yang dihadapi rekannya, dia hanya bisa mendoakan yang terbaik.

"Kita doakan lah yang terbaik buat bang Azis," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengabarkan pihaknya tengah melakukan penyidikan dugaan pemberian suap penanganan kasus korupsi di Kabupaten Lampung Tengah.

Diketahui, dalam dakwaan mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju, nama Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin bersama Aliza Gunado disebut memberi uang sebesar Rp3,099 miliar dan 36 ribu dolar Amerika Serikat. Pemberian uang ini ditujukan untuk mengurusi kasus suap di Lampung Tengah yang tengah ditangani KPK.

"KPK saat ini sedang melakukan penyidikan perkara dugaan TPK pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara TPK yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

Tag: Azis Syamsuddin azis syamsuddin tersangka

Bagikan: