Sebelum Temui Paus, Menag Yaqut Gembar-Gemborkan Tahun Toleransi di Vatikan

| 09 Jun 2022 10:55
Sebelum Temui Paus, Menag Yaqut Gembar-Gemborkan Tahun Toleransi di Vatikan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Setkab)

ERA.id - Sebelum menemui Uskup Roma dan pemimpin Gereja Katolik di seluruh dunia yakni Paus Fransiskus, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menggembar-gemborkan tahun toleransi kepada warga Indonesia di Vatikan.

Setelah itu, ia pun mendatangi Paus dan mengundangnya ke Indonesia untuk menyapa umat Katolik dan menyaksikan keragaman. "Sebelum pandemi Paus berencana datang ke Indonesia, tapi batal karena pandemi," kata Yaqut, Rabu (8/6/2022).

Yaqut memang ke Vatikan pada Selasa (7/6) silam. Saat sampai di sana, Yaqut menyapa warga negara Indonesia yang tinggal di Vatikan dan Roma, termasuk di antaranya biarawati, pelajar, mahasiswa, serta pekerja.

Acara pertemuan Menteri Agama dengan warga Indonesia di Vatikan diselenggarakan oleh KBRI Vatikan dan dibuka oleh Duta Besar Indonesia untuk Vatikan Laurentius Amrih Jinangkung.

Tak cuma Yaqut, hadir pula kakaknya yang juga Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf. Dalam pertemuan tersebut, Yaqut menjelaskan bahwa Kementerian Agama mencanangkan tahun 2022 sebagai Tahun Toleransi dalam upaya untuk membangun toleransi warga.

"Kita ingin menjadikan Indonesia sebagai barometer kehidupan keberagamaan yang rukun dan harmoni dalam keberagaman, serta masyarakatnya toleran dan saling menghargai perbedaan," kata dia.

"Kita harus saling hormat-menghormati antarsesama pemeluk agama serta saling menghormati mereka yang berbeda keyakinan," tandasnya.

Rekomendasi