Sandiaga Uno dan Sejumlah Artis Ibu Kota Ramaikan Torch Relay APG 2022

| 24 Jul 2022 17:45
Sandiaga Uno dan Sejumlah Artis Ibu Kota Ramaikan Torch Relay APG 2022
Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka bersama Menparekraf Sandiaga Uno menyemayamkan api abadi di depan Balai Kota Solo setelah dikirab dalam rangka torch relay APG 2022, Minggu (24/7/2022). (Dokumentasi Pemkot Solo)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meramaikan torch relay ASEAN Para Games 2022 yang dilaksanakan di kota Solo. Selain Sandi, sejumlah artis ibukota juga turut meramaikan gelaran acara berskala internasional yang akan digelar pada 30 Juli-6 Agustus mendatang.

Di antaranya yakni Rian D’Masiv, Mario Lawalata, Ferry Maryadi, Deswita Maharani dan beberapa artis lainnya. Torch relay dimulai dari simpang empat Purwosari hingga ke Balai Kota Solo. Torch Relay ini bersamaan dengan gelaran Solo Car Free Day (CFD) yang dilaksanakan setiap pekan.

Dalam torch relay ini berbagai macam hiburan menyemarakkan kegiatan. Mulai dari Reog, Lembu Sura, Baron Kamamang, hingga Solo Batik Carnival (SBC). Dalam kirab ini, obor api yang diambil dari Mrapen, Grobogan ini dibawa mulai dari Purwosari hingga Stadion Sriwedari.

Pembawa obor pertama yakni Menparekraf Sandiaga Uno. Ia berlari didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Keduanya kemudian berlari masuk di Stadion Sriwedari dan melewati lintasan. Gibran yang juga Ketua Indonesian National Paralympic Organization Comittee (INASPOC) ini mendampingi Sandi bersama para artis ibukota.

Setelah selesai mengelilingi lintasan Stadion Sriwedari, obor kemudian dilanjutkan dibawa ke Balai Kota Solo. Sementara pembawa obor terakhir yakni Gibran mulai dari bundaran Gladak hingga ke Balai Kota Solo. Gibran kemudian menyemayamkan api ini di depan Balai Kota Solo.

Usai menyelesaikan lari dengan membawa obor, Sandi menyampaikan bahwa dirinya senang dengan respon masyarakat Solo. Sebab sambutan masyarakat untuk APG 2022 kali ini sangat antusias.

"Kami melihat masyarakat menyambut penuh APG di Solo kali ini," ucapnya.

Menurutnya kegiatan ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat pasca pandemi. "Sesuai dengan arahan dari presiden, kita harus banyak membawa event internasional ke Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak potensi pariwisata dalam negeri," ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Solo sekaligus Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka mengatakan antusiasme masyarakat untuk mengikuti torch relay ini sangat tinggi. "Ramai banget tadi. Saya ikut sampai finish," katanya.

Rekomendasi