Surat Tugas Keluar PDIP Akan Buat Puan Imbangi Elektabilitas Ganjar

| 27 Jul 2022 10:52
Surat Tugas Keluar PDIP Akan Buat Puan Imbangi Elektabilitas Ganjar
Puan Maharani (Dok. Puan)

ERA.id - Pengamat Politik Hendri Satrio menilai kebijakan internal PDI Perjuangan yang mengeluarkan aturan surat tugas keluar kota bagi para kader, demi menjaga kekompakan.

Dengan adanya dua nama sebagai calon kandidat kuat dari PDIP untuk diusung dalam pemilu 2024, yakni Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. PDIP jelas mencegah agar tidak terjadi kegaduhan internal di partai.

“Soalnya Pak Ganjar sudah nyuwon sama Ibu Mega untuk tidak main dua kaki,” kata Hendri, beberapa waktu lalu.

PDIP sangat mengedepankan koordinasi yang solid antara para kader. Kebijakan ini merupakan aturan internal politik yang biasa dan kerap terjadi, sehingga bukanlah masalah yang harus dibesarkan.

Sebaliknya, ia menilai aturan surat tugas keluar yang diputuskan oleh PDIP dilakukan untuk meningkatkan citra Puan agar mampu mengimbangi elektabilitas Ganjar.

Ia menyebutkan Puan memiliki kemampuan dan peluang besar untuk maju sebagai kandidat utama calon presiden dari PDIP dalam pemilu 2024.

“Secara karier politik, ia mumpuni dan hasil kerjanya sebagai ketua DPR lebih terlihat juga,” kata Hendri.

Walaupun, saat ini, elektabilitas Ganjar lebih unggul daripada Puan. Ia meyakini Puan bisa mengejar ketertinggalan elektabilitas.

Karena, lanjut dia, begitu PDIP memutuskan Puan sebagai calon presiden, maka elektabilitas Puan turut meningkat.

“PDIP khan terkenal solid dengan apa yang diputuskan oleh ketum, jadi begitu ketum menunjuk Puan, maka Puan yang naik,” kata Hendri.

Rekomendasi