Oktan Pertamax Turbo Paling Tinggi, Kira-Kira Cocok Untuk Kendaraan Apa?

| 03 Dec 2022 09:05
Oktan Pertamax Turbo Paling Tinggi, Kira-Kira Cocok Untuk Kendaraan Apa?
SPBU (Unsplash)

ERA.id - Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia dibagi berdasarkan kualitas, salah satunya adalah Pertamax Turbo produk dari Pertamina. Oktan pertamax turbo diketahui memiliki nilai yang sangat tinggi.

Perlu diketahui, Pertamax Turbo merupakan jenis BBM yang paling mendekati spesifikasi bahan bakar Euro 4 di Indonesia. Untuk spesifikasi BBM Euro 4 sendiri adalah memiliki RON minimal 91 dengan bebas timbal dan kandungan sulfurnya maksimum 50 ppm.

Berapa Nilai Oktan Pertamax Turbo?

Salah satu hal yang menjadi penentu pemilihan BBM adalah research octane number (RON) atau biasa disebut “nilai oktan”. Nilai tersebut dapat mempengaruhi tenaga mesin kendaraan bermotor Anda dan peningkatan kompresi.

PT Pertamina (Persero) sendiri telah menghadirkan BBM dengan nilai tertinggi di Indonesia, yaitu Pertamax Turbo yang memiliki nilai oktan 98.

Pertamax Turbo dilihat dari fisiknya memiliki warna merah dan memiliki spesifikasi bilangan oktan riset (RON) sebesar minimal 98. Bensin jenis ini punya kandungan sulfur maksimal 50 ppm dan sulfur merkaptan maksimal 20 ppm.

Selain itu, Pertamax Turbo juga tidak mengandung timbal (Pb), tanpa kandungan logam mangan dan besi, serta stabilitas oksidasinya minimal 480 menit.

Terkait dengan spesifikasi BBM sendiri telah disesuaikan melalui SK Dirjen Migas No. 0177.K/10/DJM.T/2018 tanggal 6 Juni 2018 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin (Gasoline ) RON 98 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Oktan Pertamax Turbo Cocok untuk Motor Apa?

Tidak semua mesin cocok menggunakan Pertamax Turbo (Unsplash)

Perlu digaris bawahi, jika tidak semua motor dapat menggunakan BBM dengan nilai oktan tinggi seperti Pertamax Turbo. Ada beberapa jenis motor yang cocok menggunakan BBM jenis ini, apa saja spesifikasinya?

●        Motor sport dengan kapasitas mesin lebih dari 250cc

●        Motor dengan rasio kompresi tinggi di angka 11:1 hingga 13:1

JIka motor Anda memiliki salah satu dari spesifikasi di atas, alangkah baiknya mulai sekarang menggunakan Pertamax Turbo.

Keunggulan Pertamax Turbo

Setelah mengetahui spesifikasi umum dan kendaraan yang cocok dengan Pertamax Turbo, dilansir dari mypertamina.id, berikut ini beberapa keunggulan BBM dengan nilai okter tertinggi di Indonesia ini:

  1. Menggunakan Teknologi Khusus

Pertamax Turbo mengandung zat aditif yang membantu menjaga kesehatan motor Anda. Zat tersebut dapat mengurangi endapan kotoran di bagian injektor hingga 80%. Dengan demikian, kendaraan yang menggunakan BBM jenis ini dapat bekerja secara efisien.

  1. Rendah Sulfur

Pertamax Turbo memiliki sulfur yang sangat rendah, yaitu di bawah 50 ppm. Angka ini sudah sesuai dengan standar EURO 4 dan mampu menjadikan gas buang motor lebih ramah lingkungan.

Perlu diketahui, tingkat sulfur yang sangat rendah dapat memastikan mesin tidak mengalami korosi yang diakibatkan  sifat acidic atau asam pada sulfur.

  1. Ignition Boost Formula

Ignition Boost Formula (IBF) pada Pertamax Turbo dirancang untuk membantu performa mesin semakin sempurna dan juga menjadikan mesin Anda semakin responsif lagi pada saat proses pembakaran.

  1. Irit

Jika memang berbagai kelebihan di atas yang ingin Anda cari, maka harga Pertamax Turbo terbilang murah dan sebanding dengan uang yang Anda keluarkan. Terlebih BBM jenis ini dapat menjaga kesehatan mesin sehingga tidak akan keluar banyak biaya di masa depan.

Selain oktan pertamax turbo, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi