5 Faktor Penyebab Gunung Meletus yang Wajib Kamu Ketahui

| 06 Dec 2022 07:07
5 Faktor Penyebab Gunung Meletus yang Wajib Kamu Ketahui
Gunung Semeru mengeluarkan awan panas terlihat dari kawasan Pranajiwo, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (5/3/2020). (Antara)

ERA.id - Secara umum ada beberapa faktor penyebab gunung meletus, biasa gunung meletus terjadi dikarenakan endapan magma di dalam perut bumi dengan tekanan gas yang tinggi kemudian didorong keluar.

Definisi secara umum gunung berapi adalah sebuah sistem fluida yang terdiri atas batuan cair yang memiliki suhu tinggi dan struktur memanjang dari kedalaman lapisan atmosfer kurang lebih 10 kilometer hingga permukaan bumi.

Di balik keindahan pemandangan indah lelehan lava Gunung Merapi, tersimpan kekuatan dan bahaya yang luar biasa dahsyat. (Wikimedia Commons)

Selain itu, gunung berapi juga mempunyai kumpulan endapan material yang keluar saat terjadinya letusan. Material yang dibawa bersamaan dengan letusan gunung berapi biasanya adalah abu, magma, gas beracun, pasir, dan batuan dengan berbagai ukuran.

Faktor penyebab gunung meletus paling dominan adalah karena magma yang terkumpul di dapur magma yang terletak di bawah gunung berapi sudah penuh dan akhirnya terdorong keluar dari gunung berapi. Namun, tidak hanya itu, berikut beberapa faktor penyebab gunung meletus yang sudah kami rangkum secara singkat.

1. Peningkatan Kegempaan Vulkanik

Faktor penyebab gunung meletus yang pertama adalah karena adanya meningkatnya aktifitas gempa vulkanik. Gempa vulkanik sendiri merupakan gempa bumi yang muncul akibat aktivitas vulkanisme.

Gempa bumi vulkanik juga terjadi karena aktivitas magma di dalam gunung berapi. Peningkatan kegempaan vulkanik bisa menjadi penyebab gunung meletus jika terjadi berkali-kali yang tercatat dalam alat pengukur getaran gempa bumi atau seismograf.

2. Pergerakan Tektonik Lapisan Bumi

Faktor penyebab gunung meletus yang selanjutnya adalah adanya pergerakan tektonik. Pergerakan tektonik ini terjadi pada struktur lapisan bumi di bawah gunung, misalnya gerakan lempeng dapat menyebabkan meningkatnya tekanan pada dapur magma dan mengakibatkan magma terdorong ke atas hingga berada tepat di bawah kawah.

Pergerakan tektonik ini juga akan menyebabkan peningkatan suhu kawah secara signifikan. Naiknya suhu ini disebabkan oleh naiknya magma hingga menuju tepat di bawah kawah.

Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan air tanah di sekitar kawah menjadi kering, hewan-hewan yang ada di gunung akan panik bahkan mereka akan turun gunung untuk menyelamatkan diri.

3. Adanya Peristiwa Deformasi Badan Gunung

Faktor penyebab gunung meletus yang berikutnya adalah adanya peristiwa deformasi badan gunung. Deformasi badan gunung terjadi karena peningkatan gelombang magnet dan listrik sehingga menyebabkan struktur lapisan batuan gunung yang dapat mempengaruhi bagian dalam seperti dapur magma menjadi tersumbat akibat deformasi batuan penyusun gunung.

Deformasi badan gunung dapat diketahui dengan cara mengaanalisa geometrik menggunakan data hasil pengamatan yang terdiri dari pergeseran dan regangan.

4. Lempeng Bumi yang Saling Berdesakan

Berikutnya, faktor penyebab gunung meletus adalah adanya lempengan bumi yang saling berdesakan dan saling menghimpit satu sama lainnya.

Hal ini akan menyebabkan tekanan yang besar dan juga dorongan kepermukaan bumi sehingga menimbulkan berbagai macam gejala tektonik lainnya. Selain itu hal ini juga menyebabkan gempa vulkanik serta meningkatkan aktivitas geologi dari gunung berapi.

5. Tekanan yang Sangat Kuat

Faktor terakhir penyebab gunung meletus yang adalah adanya tekanan yang sangat kuat. Penyebab-penyebab gunung meletus sebelumnya akan menyebabkan dorongan cairan magma untuk bergerak ke atas dan masuk ke saluran kawah dan keluar.

Apabila di sepanjang perjalanan magma dalam menyusuri saluran kawah tersebut mengalami sumbatan, maka bisa menimbulkan ledakan yang besar yaitu gunung meletus. Semakin besar tekanan dan juga volume magmanya, maka semakin kuat letusan yang mungkin akan terjadi. Kemudian dampak yang akan dihasilkan oleh letusan gunung merapi ini juga akan semakin besar dan berbahaya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi