Beberapa Titik Pengamanan Tamu VVIP Pernikahan Kaesang Erina

| 09 Dec 2022 09:01
Beberapa Titik Pengamanan Tamu VVIP Pernikahan Kaesang Erina
Brigjend TNI Puji Cahyono dalam apel pengamanan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Stadion Maguwoharjo, Sleman (Antara)

ERA.id - Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sementara, acara ngunduh mantu dilaksanakan pada 11 Desember 2022 di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah. Pengamanan tamu VVIP pernikahan Kaesang Erina akan dilakukan.

Jalan raya di Klaten, Jawa Tengah akan menjadi jalur yang dilewati oleh para tamu VVIP pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terkait hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten memberikan penjelasan bahwa tidak ada larangan truk galian C untuk beroperasi.

“Tidak ada. Yang dilakukan hanya pengaturan. Artinya ketika rombongan melintas, kami setop dulu. Kalau tidak, ya melintas seperti biasa,” terang Kepala Dishub Klaten, Supriyono, Rabu, 7 Desember 2022, dikutip Era dari Solopos.

Pengaturan Jalan Tidak Ganggu Pengguna Lain

Dia menjelaskan, pengaturan lalu lintas dilakukan tanpa mengganggu aktivitas masyrakat pengguna jalan. Dia memastikan tidak ada penutupan ruas jalan.

Jumlah personel Dishub Klaten yang disiagakan, lanjut Supriyono, antara 20 hingga 30 personel. Para personel akan disebar di seluruh ruas jalan utama bersama personel Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten.

Pengamanan tidak hanya berupa pengaturan lalu lintas. Supriyono mengatakan bahwa dilakukan pula pemantauan arus lalu lintas dari CC Room. CCTV dipasang di sekitar enam kawasan traffic light di kawasan kota. Beberapa lokasi dilengkapi area traffic light control system (ATCS) yang bisa dikendalikan dari CC Room di Dishub Klaten.

Pengamanan Tamu VVIP Pernikahan Kaesang Erina di Sleman

Anggota TNI bersiap ikuti apel pengamanan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Stadion Maguwoharjo, Sleman (Antara)

Pengamanan tidak hanya dilakukan di jalan raya Klaten. Di Sleman, Komandan Korem 072 Yogyakarta, Brigjen TNI Puji Cahyono, memimpin gelar pasukan pengamanan tamu VVIP di Stadion Maguwojarjo pada Rabu, 7 Desember 2022. Pengamanan dilaksanakan di lima titik.

"Lima titik, Jalur Prambanan Yogyakarta, Royal Ambarrukmo, kediaman (Erina), Hotel Sheraton, dan Gedung Agung," katanya, Rabu (7/12/2022).

Terkait rekayasa lalu lintas, Puji mengatakan bahwa hal tersebut telah dikoordinasikan dengan Polda DIY. Dia mengungkapkan, rekayasa lalu lintas dilakukan saat terjadi kepadatan.

"Dilihat situasi. Apabila memungkinkan lancar, lancar terus. Kalau ada crowded sedikit nanti dialihkan. Intinya kita menjaga agar semua jalur yang akan dilalui tidak ada masalah. Lancar dan tertib. Saya yakin masyarakat Yogya sudah paham, sering kedatangan tamu," terang Puji.

Dia menerangkan, apel gelar pasukan pengamanan tamu VVIP harus dilaksanakan jika ada tamu negara setingkat presiden dan wakil presiden. Ketika ditanya mengenai pengamanan ekstra setelah terjadi bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung, Puji mengungkapkan bahwa hal tersebut telah diantisipasi TNI dan Polri.

"Pengamanan itu tidak terlihat. Setiap pengamanan dilakukan secara maksimal. Semua kemungkinan terjadi sudah diantisipasi," jelasnya.

Meski demikian, Puji tidak bersedia memaparkan rincian jumlah personel yang dilibatkan. Dia hanya mengatakan bahwa pengamanan yang dilakukan sesuai prosedur.

"Kepo deh. Cukuplah, enggak berlebihan. Saya juga berharap kegiatan ini berjalan secara natural aja. Natural saja," kata Puji.

Terkait acara, dia mengatakan bahwa masyarakat bisa menonton prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Videotron berukuran besar disediakan di sekitar Royal Ambarukmo dan di kediaman Erina.

"Jadi bisa lihat, enggak dilarang. Tapi ada batas daerah tertentu yang enggak bisa dimasuki. Supaya masyarakat enggak kecewa," tandasnya terkait pengamanan tamu VVIP pernikahan Kaesang Erina.

Rekomendasi