Gene Deitch dan Karya Legendarisnya

Tim Editor

    Gene Deitch (The Sun)

    Jakarta, era.id - Animator Gene Deitch meninggal dunia di usia 95 tahun. Karyanya sebagai sutradara sekaligus animator film kartun banyak menghiasi layar kaca, salah satunya karakter Tom & Jerry.

    Beberapa hari sebelum wafat, pria bernama lengkap Eugene Merril Deitch ini membagikan fotonya yang sedang tersenyum di rumahnya di Praha. Foto itu diabadikan saat mereka menjalankan masa karantina di tengah pandemi COVID-19. 

    “Aku memotret selfie ini setelah mandi air hangat. Mencoba (terlihat) bahagia. Kenapa tidak? Aku masih hidup di usia 95 tahun, dikarantina di apartement kami sudah hampir sebulan lebih,” tulis Deitch, dikutip dari The Sun, Selasa (21/4/2020). 


    Foto Terakhir Gene Deitch (The Sun)

    Beredar kabar kalau Deitch meninggal karena COVID-19, tapi pihak keluarga membantahnya.

    Pria kelahiran 1924 ini sempat menjadi penerbang di North American Aviation sebelum menjadi animator. Kemudian ia magang di United Productions of America. Di usianya yang ke-31, ia dipercaya memimpin tim kreatif Terrytoons. Sebuah kantor animasi di New Rochelle, New York. 

    Sayangnya setelah mengabdi selama tiga tahun, dia di pecat dari perusahaan. Padahal sebelumnya Deitch sempat masuk nominasi di Academy Awards untuk kategori film pendek, Sidney’s Family Tree. 



    Tom & Jerry (The Sun)

    Tahun 1959 dia memutuskan pindah ke Praha dan membuat film berjudul Munro, yang kemudian berhasil meraih penghargaan untuk kategori film pendek animasi terbaik tahun 1961 di Academy Awards. 

    Pada tahun 1960 sampai 1963, Gene Deitch berkolaborasi dengan Rembrandt Films untuk menyutradarai serial animasi Popeye. Selain itu ia juga mencapai kesuksesan sebagai sutradara serial animasi Tom and Jerry dari tahun 1962 hingga 1963. 

    Meski berwarga negara Amerika Serikat, Eugene Merril Deitch meninggal dunia di Praha dan meninggalkan seorang istri warga negara Ceko, Zdnaka Najmanová.
     

    Tag: kartun

    Bagikan :