Kebiasaan yang Sering Kita Lakukan yang Ternyata Bisa Kurangi Pahala Puasa

| 23 Apr 2020 18:05
Kebiasaan yang Sering Kita Lakukan yang Ternyata Bisa Kurangi Pahala Puasa
Ilustrasi (StanWilliamsPhoto dari Pixabay)
Jakarta, era.id - Tinggal menghitung jam, umat Islam akan menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Jika tak ada aral melintang, awal Ramadan akan jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Untuk kalian yang ingin menjalankan puasa, baiknya mengetahui hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa dan sering kali kita lakukan.

KH Sulthon Barmawi, pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Talang, Tegal, menjelaskan hakikat puasa adalah al-imsak yaitu menahan diri dari berbagai hal-hal yang membatalkan puasa dan yang mengurangi pahala puasa. 

Menurut dia, banyak orang berhasil menahan diri dari berbagai hal-hal yang membatalkan puasa, tetapi mereka tidak berhasil mendapatkan pahala. Seperti dalam hadis Nabi Muhammad yang artinya, "Betapa banyak orang-orang yang berpuasa tidak mendapatkan balasan kecuali lapar dan haus."

Untuk itu, berikut lima hal yang bisa mengurangi pahala puasa Ramadan kamu, seperti dikutip dari NU Online, Kamis (23/4/2020).

Pertama, berdusta, yaitu menyampaikan informasi tidak berdasarkan fakta. Hal ini seringkali dilakukan, bahkan di media sosial dengan menyebarkan informasi hoaks atau bohong. "Sekali dusta, maka akan membuka ribuan dusta lainnya. Oleh karena itu, pertahankan lisan kita," ujarnya. 

Kedua, gibah, yaitu membicarakan keburukan orang lain; Ketiga, adu domba atau fitnah; Keempat, memandang dengan syahwat. "Untuk itu, jaga mata kita agar tidak tergerak syahwat, dan yang kelima, yakni sumpah palsu," terangnya. 

Ia menambahkan, sedangkan perkara yang membatalkan puasa antara lain memasukkan sesuatu kepada rongga tubuh kita secara sengaja, seperti mulut dan lainnya serta sengaja muntah-muntah.

"Ramadan adalah untuk meningkatkan kualitas iman kita. Maka sempurnakanlah dengan ibadah sunah Ramadan, yang pahalanya dilipat 70 kali. Selain itu ada malam mulia, Lailatul Qadar," imbuhnya.

Tags : eramadan
Rekomendasi