5 Sepeda Penting dalam Sejarah Gowes

Tim Editor

    Ilustrasi sepeda Rover generasi ketiga (Wikimedia Commons)

    Jakarta, era.id - Dari sepeda rangka kayu dengan ban besi hingga sepeda modern yang punya empat mode kecepatan, sejarah sepeda dipenuhi ide-ide kreatif yang merevolusi cara kita bergerak dari satu titik ke titik lainnya.

    Gowes sepeda pertama terjadi pada musim panas, tepatnya tanggal 12 Juni 1817, ketika Baron Karl Freihert von Drais dari Jerman mengendarai Laufmaschine (dalam bahasa Jerman berarti 'mesin lari') yang ia ciptakan.

    Berbentuk rangka kayu yang ditopang dua roda, kendaraan yang ia ciptakan ini menempuh jarak 4,3 kilometer dari kota Mannheim di Jerman ke sebuah kantor pos yang ada di distrik Rheinan. Si 'mesin lari' (yang lantas dinamai draisine untuk mengacu ke namanya) bisa bergerak dengan kecepatan 14,9 km/jam, atau setara dengan kecepatan kereta kuda yang merupakan alat transportasi utama jaman itu. Alhasil, sepeda buatan van Drais ini memulai sebuah revolusi transportasi yang evolusinya telah berlangsung lebih dari dua ratus tahun.

    Untuk merayakan evolusi Laufmaschine hingga  menjadi alat gowes yang kita kenal sekarang, mari kita lihat 5 sepeda paling penting dalam sejarah gowes.

    Michaux Velocipede



    Saat ini, sepeda dikenal dengan gir penggerak yang terletak di belakang, namun, dulunya pernah tidak seperti itu. Pada era 1860an di Paris, Pierre Michaux mengembangkan sepeda roda dua dengan sistem penggerak di bagian depan, yaitu dengan menaruh pedal ke roda depan.

    Seorang kawan Michaux, Pierre Lallement, lantas membawa sepeda ini ke Amerika Serikat pada tahun 1865. Pada jaman tersebut, sepeda Lallement sangat populer di kalangan mahasiswa Universitas Harvard dan Yale, meskipun trennya cepat surut karena sepeda ini terlalu membuat lelah penggunanya.

    Harry Lawson



    Harry Lawson adalah desainer sepeda asal Inggris yang menciptakan berbagai tipe sepeda selama dekade 1870an. Ia menciptakan sepeda aman pertama di dunia yang roda belakangnya digerakkan oleh rantai.

    Sepeda Lawson ini tak terlalu populer dan dianggap sebuah kegagalan bisnis, namun, ia telah menemukan satu fitur kunci - yang pada saatnya akan menuntun dunia pergowesan ke desain sepeda Rover ala James Starley. Hal ini lantas menempatkan Lawson di jajaran penemu sepeda modern.

    Starley Rover



    Agar bersepeda bisa dinikmati oleh semakin banyak orang, John Kemp Starley menciptakan Rover pada tahun 1885 di kota Coventry, Inggris.

    Rover adalah 'sepeda aman' pertama yang mencapai kesuksesan. Menggunakan roda yang berukuran sama yang membuat penumpangnya lebih dekat ke tanah, dan juga setang lurus yang ringkas, Rover lebih efisien dan lebih aman dari para pendahulunya. Tanpa roda yang lebih besar, penumpang bisa duduk lebih rendah dan lebih nyaman di atas rangka sepeda.

    Untuk membuktikan bahwa Rover tak hanya aman, tapi juga cepat, Starley menyelenggarakan balapan sepeda Rover di mana para pesepeda berusaha mencatatkan waktu tercepat untuk jarak 100 meter.

    Dunlop Wheels



    Sepeda pertama dalam sejarah menggunakan roda kayu, sementara beberapa jenis roda berikutnya memiliki roda berbahan besi dan ban dari karet padat. Bahan pada membuat aktivitas gowes jadi lebih berat dan tidak nyaman. Meski ban angin telah diciptakan pada 1845, baru pada 1887 di kota Belfast seseorang bernama John Dunlop memasang ban angin di sepeda anaknya. Perubahan ini sangat menambah aspek kenyamanan dan kecepatan, sehingga ban angin kemudian menjadi salah standar di industri sepeda sejak era 1890an.

    Paul de Vivie



    Paul de Vivie dikenal karena mendesain sepeda pertama yang menggunakan persneling gir (rear derailleur). Penemuannya ini membuat penumpang sepeda bisa memilih di antara dua rantai, sehingga total terdapat empat gir. Ia lantas mengkombinasikan temuannya dengan gir proteon dari English Whippet, yang menggunakan sistem bernama split chain wheel. Fitur ini membuat gir terbuka ketika pedal digerakkan ke belakang. Komponen pawl lantas menghubungkannya ke satu dari empat posisi, sehingga total penumpang sepeda ini bisa memiliki empat jenis kecepatan.

    Tahun 1906, sistem gir ini ia pasangkan ke sepeda Chminot yang ia punya, menjadikannya sepeda derailleur pertama. Namun, de Vivie tidak mematenkannya dan membuatnya tak mendapatkan banyak keuntungan dari penemuan yang bakal mengubah sejarah sepeda untuk selamanya.

    Tag: balap sepeda downhill

    Bagikan :