Melongok Potensi Wisata Sulawesi Selatan

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Bantaeng, era.id - Berjarak kurang lebih 140 kilometer dari Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bantaeng mungkin jarang terdengar bagi wisatawan. Pelancong yang berwisata ke Sulawesi Selatan umumnya mengunjungi Pantai Losari di Makassar dan Pantai Bira di Bulukumba.


Gerbang selamat datang Kabupaten Bantaeng (Aif S/era.id)

Namun kini, Kabupaten Bantaeng menjelma jadi salah satu destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan. Salah satu titik wisata utama adalah Pantai Marina dan  Pantai Seruni, dua kawasan yang tadinya dikenal sangat kumuh.


Kawasan Pantai Seruni dilihat dari udara (Aif S/era.id)

Pantai Marina yang berada di dekat perbatasan Kabupaten Bulukumba saat ini menjadi kawasan favorit untuk berwisata bukan hanya bagi warga Bantaeng. Pemerintah daerah Bantaeng menyulap semak belukar menjadi sebuah resor yang sangat cantik di tepi pantai, dengan fasilitas dua cottage dan hotel dengan 12 kamar. Kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.


Aerial shoot kawasan resot Pantai Marina (Aif S/era.id)

Sementara Pantai Seruni merupakan kawasan hasil reklamasi. Awalnya kawasan pesisir ini kumuh, tak menarik, bahkan, menurut masyarakat setempat, menyeramkan. Oleh Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, pantai ini disulap jadi rapi dan cantik. Kawasan ini kemudian ramai dipadati warga saat petang untuk menikmati sunset.


Anjungan Pantai Seruni di Bantaeng, Sulawesi Selatan. Sebelumya kawasan ini dikenal sangat kumuh (Hamni S/era.id)

Pendapatan di sektor wisata Kabupaten Bantaeng sendiri meningkat tajam. Saat ini pemasukan daerah dari sektor pariwisata berkisar 3 miliar, angka yang jauh dibanding pendapatan pada tahun 2008 yang hanya 34 juta saja. Hal itu disampaikan Nurdin Abdullah pada era.id di Pantai Marina. Baru-baru ini era.id berkunjung ke Kabupaten Bantaeng dan nge-vlog bareng Prof. Nurdin Abdullah di Pantai Marina . Kita lihat yuk.

Tag: pilkada 2018 menjelajah di bantaeng

Bagikan: