Kotak Oranye Berbagi Kehangatan di Hari Raya

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

"Liputan ini merupakan lanjutan kisah Kotak Oranye berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang membutuhkan. Berbagi kue lebaran, sebagai salah satu simbol kehangatan di hari raya."

Jakarta, era.id - Setiap tahun sejak 2010, komunitas Kotak Oranye mengadakan survei di beberapa kawasan Jakarta. Dari hasil survei tersebut, dipilih beberapa lokasi/titik pembagian kue lebaran secara gratis. Ramadan tahun ini, donasi yang terkumpul sebanyak sekitar 4000 paket kue lebaran. Meningkat dari tahun 2017 lalu yang berjumlah sekitar 3500 paket kue. 

"Kita coba salurkan ke orang orang yang memang membutuhkan yang ada di sekitar. Kita menyebar secara sporadis di seluruh kawasan, khususnya di kawasan kumuh Jakarta. (Pembagian kue) itu kayak kejutan lebaran buat mereka," ujar Windra, founder Kotak Oranye. 

Nurhayati, seorang ibu tiga anak asal Kuningan misalnya, yang sangat bersyukur mendapatkan paket kue lebaran. Tahun ini ia dan keluarga tak bisa mudik ke kampung halaman. Himpitan ekonomi membuatnya harus lapang dada berlebaran di ibukota. 

"Alhamdullilah dapat kue buat lebaran. Terima kasih kakak-kakak," kata Nurhayati sambil menggendong anak ketiganya yang masih berusia 7 bulan. 

Potret kehidupan seperti keluarga Nurhayati itulah yang mendorong para relawan di Kotak Oranye semangat untuk berbagi kebahagiaan di hari raya. 

"Aku ikut Kotak Oranye mulai 2017. Terjun langsung dan ternyata enjoy. Yang bikin ingin ikut lagi di tahun ini karena ketika kita give sesuatu ke warga yang memang membutuhkan, dan ada ucapan terima kasih ke kita itu luar biasa rasanya," ujar Cheche, salah satu relawan Kotak Oranye. 

Mungkin ada orang bertanya, mengapa hanya kue lebaran? Menurut Windra sebagai founder Kotak Oranye, justru ketika setidaknya ada kue lebaran di atas meja, sebuah keluarga masih bisa saling berbagi kehangatan saat Lebaran. Walaupun mungkin mereka tidak memakai baju baru. 

Fellas, yuk tonton cerita lengkapnya lewat video!

Tag: aksikotakoranye kotak oranye kue lebaran lebaran idulfitri kuliner ramadan

Bagikan: