Yang Nggak Banyak Orang Ketahui tentang Sejarah Hari Pemrograman Sedunia

| 13 Sep 2022 16:04
Ilustrasi programmer (Unsplash)

ERA.id - Hari Programmer dirayakan pada tanggal 13 September setiap tahunnya. Lantas bagaimana sejarah hari pemrograman dunia? Yuk simak artikel ini hingga selesai.

Perlu diketahui, hari pemrograman dunia diperingati guna menghormati para programmer dan inovator yang membuat hidup kita lebih mudah dengan berinovasi dan merancang program.

Hari Programmer Internasional diperingati di 256 hari pertama setiap tahunnya. Angka tersebut sebenarnya didasarkan pada kode biner, setiap programmer tahu bahwa 256 adalah angka khusus.

256 diwakili oleh byte 256 delapan bit sama dengan 2 pangkat delapan. Digit ini menjadikannya pangkat tertinggi dari dua yaitu kurang dari 365. Kemudian apabila diterjemahkan ke dalam kode biner, hari itu berbunyi 1 0000 0000.

Sejarah Hari Pemrograman Sedunia

Pada tahun 2002, programer Rusia Valentin Balt dan Michael Cherviakov dari Parallel Technologies mengumpulkan tanda tangan orang-orang untuk mendesak pemerintah Rusia mendeklarasikan Hari Pemrogram.

Adanya hari pemrograman untuk menghormati para programer (Unsplash)

Kemudian baru pada tahun 2009 Kementerian Media Massa dan Komunikasi Rusia mengakui Hari Programmer sebagai hari libur resmi.

RUU untuk menghormati pemrogram komputer ditandatangani oleh Presiden Dmitry Medvedev pada 11 September 2009. Hari itu juga dirayakan pada hari yang berbeda di berbagai negara.

Di Cina, Hari Programmer jatuh pada tanggal 24 Oktober, yang telah ada sejak lama. Tanggal dipilih karena dapat juga ditulis sebagai 1024, yang sama dengan 210. Dalam kehidupan nyata, 1024 biasanya diperlakukan sebagai 1000, sebagai antarmuka antara kode biner dan dunia desimal. Hari tetap konsisten terlepas dari tahun kabisat.

Perlu diketahui, sebelum 13 September, orang-orang secara tidak resmi merayakan Hari Programmer pada 7 Januari. Namun perayaan pada 7 Januari kini menjadi langka.

Programmers Day menghormati programmer di seluruh dunia yang ditujukan menghormati para programers. Memang hampir tidak ada orang di dunia modern yang tidak mendapat manfaat dari layanan seorang programmer.

Kini programer adalah pekerjaan yang sangat umum dan banyak digunakan, baik itu transportasi, obat-obatan, keuangan, hingga pendidikan. Pemrograman sendiri vital dan sangat penting untuk kelancaran fungsi setiap layanan.

Di era yang serba digital ini hampir semua bisnis besar membutuhkan programmer untuk memelihara infrastruktur IT mereka.

Telekomunikasi juga sangat bergantung pada programmer. Industri otomotif membutuhkan programmer untuk kelancaran fungsi jalur perakitan. Programmer juga membantu menjaga keamanan, masyarakat, dan hiburan.

Mengapa Perlu Merayakan Hari Pemrograman?

Hampir setiap industri saat ini bergantung pada programmer. Programmers Day mengakui peran penting yang dimainkan oleh programmer dan pemrograman di dunia modern.

Hampir semua lini bisnis kini membutuhkan programmer (Unsplash)

Kemudian, hari programmer juga dirayakan dengan memotivasi orang lain dan diri Anda sendiri untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman. Hari ini adalah hari yang baik untuk mempelajari keterampilan baru dan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mungkin sudah Anda ketahui.

Terakhir, pemrograman memiliki sejarah panjang dan kaya yang berusia lebih dari 200 tahun. Hari Programmer melihat kembali semua kemajuan yang telah dicapai manusia selama bertahun-tahun.

Selain sejarah hari pemrograman sedunia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi