Hari Blogger Nasional, Begini Sejarah dan Awal Mulanya

| 27 Oct 2022 21:25
Hari Blogger Nasional, Begini Sejarah dan Awal Mulanya
Hari blogger nasional (Freepic)

ERA.id - Setiap tanggal 27 Oktober tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Lantas bagaimana sejarah dan awal mulanya? Mari kita baca lebih lengkap melalui artikel ini.

Salah seorang kaskuser dengan akun arda17, melalui unggahannya menjelaskan jika hari blogger nusantara diawali dengan hal sederhana dan singkat, yaitu pada tanggal 27 Oktober di tahun 2007.

Pesta Blogger 2007 dihadiri 500-an peserta (Freepic)

Tepat lima belas tahun yang lalu, beberapa blogger kenamaan Indonesia di antaranya Bang Wimar, Mas Nukman, Mas Wicak, Lita, Priyadi, Atta, Mas Budi Putra, dan Ong mengadakan pertemuan.

Pertemuan blogger Indonesia tersebut diprakarsai oleh perusahaan Maverick (pertemuan tersebut kemudian dikenal sebagai “Pesta Blogger”). Pertemuan tersebut juga menggandeng Hanny Kusumawati sebagai event manager-nya, dan support dari Mbak Shinta Bubu, Satya Witoelar, dan komunitas-komunitas blogger dari berbagai daerah.

Sejarah Hari Blogger Nasional, Diawali pada Tahun 2007

Perlu diketahui, meskipun blog sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 2000-an awal namun belum pernah ada pertemuan nasional yang skalanya cukup besar seperti Pesta Blogger 2007.

Arda17 juga mengaku jika pada tahun 2007, ia dipercaya sebagai Chairman Persta Blogger yang berlangsung di Blitz Grand Indonesia.

Pesta Blogger 2007 sukses menghadirkan sekitar 500-an blogger, tamu dan media yang hadir. Bahkan pada waktu itu, acara dibuka oleh Menkominfo Muhammad Nuh, hingga kemudian melalui sambutan tersebut diinisiasi bahwa tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari Blogger Nasional.

Arda17 mengaku jika pada waktu itu dari pihak panitia tidak merencanakan akan ada inisiasi hari Blogger seperti pada sambutan menteri.  Lantas apa apa arti  hari blogger nasional?

Arti Hari Blogger Nasional

Meskipun Hari Blogger bukan hari resmi dari pemerintah, namun momen tersebut mengingatkan para penulis blog punya hari sendiri. Arda17 berpendapat, jika pemaknaan dari hari blogger terserah pada tiap orang dan boleh diisi sendiri oleh para blogger.

Setidaknya, momen Pesta Blogger 2007 menjadi momen banyak kejadian sesudahnya. Maka tidak heran jika di tahun 2000-an blog dan dunia online banyak digemari masyarakat umum.

Perlu diketahui, perkembangan teknologi dan media sosial di tahun 2007 belum terlalu masif seperti masa sekarang. Sehingga Pesta Blogger adalah momen yang dapat menyambungkan banyak noktah di masa depan.

Setelah tahun 2007, Pesta Blogger digelar rutin setiap tahunnya. Selain itu, momen tersebut dapat mengenalkan dan menyentuh banyak orang, menyapa banyak isu, dan bergaul dengan banyak peristiwa.

3 Generasi Blog di Indonesia

Terkait dengan perkembangan blogger di Indonesia, dilansir dari Campus Digital terdapat tiga generasi dalam dunia blog di Indonesia, berikut di antaranya:

  1. Generasi Awal (1998-2001)

Blogger para generasi awal ini biasanya orang-orang menulis blog dengan tema jurnal pribadi. Pada Blogger berkumpul pada search engine msn.or.id yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Selain itu, mereka juga menggunakan tools dari livejournal.com ataupun blogger.com.

  1. Generasi Kedua (2001-2002)

Kemudian pada periode tahun 2001-2002 mulai bermunculan komunitas blogger Indonesia. Terdapat komunitas blogbugs, angkringan (Jogjakarta), bbv.or.id (Bandung), tukanglenong (Jakarta).

Pada masa awal milenium, Isi dari blog masih berkutat seputar jurnal pribadi saja. Jumlah blogger pada periode ini meningkat dengan pesat. Tools yang mereka gunakan adalah blogger.com, pMachine, dan MT.

  1. Generasi Ketiga (Tahun 2004-sekarang)

Terakhir generasi ketiga adalah yang lebih modern dan menguasai teknologi dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya. Tema blog pun sudah mulai bergeser dari jurnal pribadi menjadi tema umum yang banyak dicari oleh pengguna internet. Generasi akhir ini umumnya menggunakan tools dari WordPress dan juga blogspot.

Selain hari blogger nasional, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi