Jadwal dan Fakta Menarik Kejuaraan Dunia BWF Tokyo 2022

| 19 Aug 2022 19:02
Jadwal dan Fakta Menarik Kejuaraan Dunia BWF Tokyo 2022
Ilustrasi (unsplash)

ERA.id - Untuk pertama kalinya sejak pandemi global, sebagian besar nama besar pebulutangkis akan berada di lapangan dalam turnamen yang sama untuk memperebutkan gelar juara dunia. Salah satu yang menarik adalah laga kejuaraan dunia BWF Tokyo 2022.

Dari 22-28 Agustus, laga di Tokyo akan mempertemukan semua juara bertahan untuk mempertahankan gelar juara dunia mereka. Para atlet seperti Viktor Axelsen dan Carolina Marin keluar untuk merebut kembali mahkota. Artikel ini akan membahas hal-hal penting yang perlu Anda ketahui tentang acara tersebut.

Kejuaraan Dunia BWF Tokyo 2022, Ajang Pebulutangkis Terbaik Dunia

Pertandingan diperkirakan akan berlangsung sangat ketat oleh kelima juara bertahan, di antaranya Loh Kean Yew di tunggal putra, Yamaguchi Akane di tunggal putri, pasangan ganda putra Hoki Takuro dan Kobayashi Yugo, pasangan ganda putri Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan, serta ganda campuran Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai.

Kejuaraan dunia edisi Tokyo  juga akan menandai pertama kalinya sejak pandemi global Covid dimana semua nama besar akan dibawa ke lapangan di turnamen yang sama. Momota Kento akan memanfaatkan kesempatan berada di kandang sendiri untuk meraih mahkota ketiganya. Kemudian Lee Zii Jia juga akan ketat dalam turnamen-turname dunia karena ia bertujuan untuk meraih gelar juara dunia perdana Malaysia.

Selain itu di tunggal putri, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 Carolina Marin akan keluar untuk memenangkan gelar untuk keempat kalinya dalam bersejarah. Menariknya hal tersebut akan dilakukan saat ia melanjutkan kembalinya dari cedera yang membuatnya absen dari Olimpiade Tokyo 2020 pada 2021.

Kemudian masih ada An Seyoung dari Korea Selatan, yang mampu mengalahkan siapapun di depan mereka pada hari tertentu. Namun nama terbesar yang hilang dari acara tersebut adalah PV Sindhu dari India yang memenangkan gelar pada tahun 2019. Diketahui ia absen di tahun ini karena cedera.

Apakah Momota Kento Dapat Menang di Rumahnya Sendiri?

Juara dunia dua kali Momota Kento belum memiliki comeback terbaik setelah kembali dari kecelakaan mobil yang tragis dan ia harus menjalani operasi. Pemain Jepang itu telah melihat bayangan dirinya yang dulu ketika memenangkan delapan acara Tur Dunia serta Dunia Gelar Tur Final tahun 2019.

Sedikit flashback, apa yang bisa dilakukan Momota ketika dia menang melawan Axelsen di final Malaysia Open pada bulan Juli adalah kunci. Tetapi pemain berusia 27 tahun itu tampak seperti kehilangan semangatnya saat dia jatuh ke tangan atlet Denmark.

Namun dengan para penggemar yang diizinkan kembali ke Tokyo Metropolitan Gymnasium untuk nonton, dapatkah mereka menjadi penyemangat yang dibutuhkan Momota untuk mendapatkan kembali naluri juaranya di lapangan?

Jadwal Acara Kejuaraan Dunia Badminton BWF 2022

Untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen, Jepang terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Badminton. Acara ini akan berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium yang menjadi tuan rumah kompetisi tenis meja selama Olimpiade Tokyo 2020.

Kompetisi akan berlangsung pada Senin (22 Agustus) dan final dijadwalkan pada hari Minggu, (28 Agustus). Perlu diketahui, semua waktu adalah Waktu Standar Jepang setempat (GMT+9).

●     Senin 22 Agustus: penyisihan 64

●     Selasa 23 Agustus: 64 Terakhir / 32 Terakhir

●     Rabu 24 Agustus: laga 32 Terakhir

●     Kamis 25 Agustus: penyisihan 16 besar terakhir

●     Jumat 26 Agustus: Perempat final

●     Sabtu 27 Agustus: Semifinal

●     Minggu 28 Agustus: Final

Simak terus laga kejuaraan dunia BWF Tokyo 2022 di artikel-artikel pilihan ERA setiap harinya.

Rekomendasi