4 Jenis Kamera Fotografi Terbaik dan Awet, Pilih yang Mana?

| 04 Sep 2022 09:09
4 Jenis Kamera Fotografi Terbaik dan Awet, Pilih yang Mana?
Ilustrasi kamera. (Productnation.com)

ERA.id - Seperti yang kita tahu, begitu banyak Merk kamera fotografi di pasaran. Anda pun harus jeli saat memilih salah satunya, sebab masing-masing kamera memang memiliki keunggulan.

Sebelum Anda memutuskan membeli kamera fotografi, ada baiknya Anda memahami merk apa saja yang sudah terjamin menghasilkan produk kamera terbaik.

Canon

Sejak 1937, Merk Canon telah hadir dan tetap menjadi merk legendaris dan juga memimpin pasar global kamera digital di dunia. Bahkan Canon bisa jadi disebut sebagai merk yang pertama kali dibayangkan saat orang membicarakan tentang camcorder dan DSLR.

Kamera Canon. (Producnation.com)

Sebelumnya merk ini bergabung dengan Nikon, tetapi seiring berkembangnya teknologi, saat ini Canon sudah menghasilkan lensa dan kaca optiknya sendiri dengan kualitas yang baik. Pada dasarnya merk produk digital kamera Canon terdiri dari:

  • Canon Power Shot
  • EOS dan
  • Lensa EF series
  • Power Shot G
  • Digital IXUS

Contohnya, merk Canon EOS 760D yang memungkinkan bagi Anda memotret dengan kualitas gambar yang sangat bagus dan juga fitur-fitur menarik seperti kontrol eksternal, layar LCD, serta layar touch screen penghubung.

Nikon

Setelah Canon, Nikon adalah merk populer sebagai perusahaan kamera peringkat kedua dan merupakan anak perusahaan Mitsubishi. Semenjak didirikan pada 1917 oleh Nippon Kogaku Kogyo Kabushikigaisha, Nikon sudah menjadi produsen produk kamera terbesar kedua di dunia.

Di kalangan pencinta fotografi, salah satu seri Nikon paling populer yaitu seri D5 yang dipercaya awet dan mempunyai fitur yang terjamin.  Kamera seri ini terdiri dari sistem AF 173-Point yang menjadi salah satu sistem autofocus terbaik. Selain itu, kualitas gambar yang dihasilkan juga beresolusi tinggi.

Adapun keunggulan dari kamera merk nikon antara lain:

  • Pengaturan menu yang lebih lengkap
  • Kamera kuat karena body yang solid
  • Menghasilkan kualitas foto yang sangat tajam di luar ruang

Selain itu, model Nikon D500 juga mengalami penambahan fitur dimana sensor full frame saat ini sudah diganti menjadi chip 20.9 MP APS-C yang mumpuni untuk mengambil potret objek dengan sudut 10 fps yang fleksibel.

Sony

Didirikan pada 1964, Sony sudah menjadi salah satu merk terkenal dalam industri elektronik, tak terkecuali produk kameranya yang terkenal. Merk ini merupakan merk yang populer ketiga di dunia setelah Canon dan Nikon dengan gambar kualitas tinggi yang diberikan.

Tipe kamera Sony banyak yang cocok digunakan oleh berbagai kalangan, baik oleh fotografer profesional ataupun amatir atau pemula. Produk kamera Sony yang populer diantaranya yaitu tipe Alpha SLT-A57 SLR Hitam, The RX100, NEX-F3, dan Cyber-shot.

Keunggulan kamera merk Sony antara lain:

  • Terdapat viewfinder yang bisa dikoneksikan dengan aplikasi
  • Memiliki desain bodi yang kuat
  • Fitur autofocus yang memukau
  • Pembaruan kualitas rekaman video yang lebih tinggi

Seri A7 juga terdapat penambahan fitur, yaitu ditambahkannya alat penghubung yang mampu memperlihatkan perubahan pada kamera mirrorless dan juga resolusi yang semakin tinggi untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan detail menakjubkan.

Adapun model Sony A7R II semakin menarik dengan sensor 42.4 MP dan bentuk viewfinder yang memiliki resolusi tinggi. Selain itu, tipe kamera ini juga dilengkapi dengan sistem stabilisasi gambar dalam berbagai situasi.

Fujifilm

Fujifilm juga disebut sebagai salah satu merk kamera yang diyakini bagus oleh banyak kalangan dan sudah berkembang pesat saat awal kemunculannya di Jepang. Merk ini tumbuh bersama merk Kodak, tetapi Fujifilm berhasil berintegrasi dengan kemajuan teknologi kamera sehingga berkembang dengan pesat.

Fujifilm berhasil berinovasi dengan sangat baik dan berani mengambil tantangan setiap ide kreatif fotografi dengan berbagai model kamera dan fitur yang ditawarkan. Merk ini telah menerima berbagai penghargaan di seluruh dunia atas produk kamera yang dikeluarkan, bahkan ditetapkan sebagai salah satu yang mendapatkan penjualan terlaris untuk produk SLR.

Adapun keunggulan merk kamera Fujifilm yaitu:

  • Kemampuan pengambilan gambar dengan baik meskipun minim cahaya
  • Terdapat variasi filter untuk tampilan foto yang lebih menakjubkan
  • Memiliki kemampuan mendeteksi pemandangan dengan mode terbaru
  • Model top kamera fotografi yang menjadi andalan salah satunya adalah tipe X-Pro1 dan X-E1.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa kamera terbaik dan awet yang direkomendasikan untuk Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi