Masa Penggantian Oli Gardan Matic, Fungsi, dan Cara Penggantian di Rumah

| 03 Dec 2022 21:25
Masa Penggantian Oli Gardan Matic, Fungsi, dan Cara Penggantian di Rumah
Ilustrasi mengganti oli (freepik)

ERA.id - Sepeda motor matik atau motor dengan kopling kering merupakan kendaraan yang butuh pelumas tambahan di samping pelumas utama (oli mesin). Pelumas tambahan yang dimaksud adalah oli transmisi matik atau oli gardan matic.

Oli ini memili fungsi tertentu yang berbeda dengan oli mesin. Selain itu, oli gardan perlu diganti secara berkala. Keterlambatan penggantian oli gardan bisa berakibat buruk. Untuk mengetaui lebih jelas, simak penjelasan dan tips otomotif berikut ini.

Fungsi Oli Gardan Matic dan Masa Penggantian

Oli gargan matic memiliki beberapa fungsi, yaitu memberikan pelumasan pada bagian transmisi dan melindungi serta mengoptimalkan kinerja komponen di dalam CVT (continuosly variable transmission), misalnya gear dan bearing-bearing yang ada di dalamnya.

Ilustrasi gear (unsplash)

Oli gardan seperti oli mesin, harus diganti secara berkala. Meski demikian, masa pakainya tidak sama dengan oli mesin. Hal terebut disampaikan oleh Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana.

"Pada penggunaan normal, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12 ribu km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. Coba ganti dengan perbandingan 2:1. Penggantian oli transmisi dilakukan setelah dua kali ganti oli mesin," terang Brahma, Kamis, 29 November 2022 dikutip Era dari Kompas.

Keterlambatan penggantian oli gardan matic bisa berakibat buruk terhadap sepeda motor. Salah satu ciri dari kerusakan yang umum terjadi akibat keterlambatan penggantian oli gardan adalah munculnya suara kasar pada area CVT.

Hal tersebut disebabkan terjadi gesekan antarkomponen di bagian transmisi. Ini bisa terjadi karena perubahan viskositas oli gardan atau banyak logam aus yang ada di dalam bagian transmisi.

Ciri lain dari kerusakan akibat terlambat mengganti oli gardan adalah getaran pada setang dan bodi motor. Hal ini bisa dirasakan dengan jelas saat sepeda motor dikendarai di jalan menurun. Hal tersebut menunjukkan bahwa gardan tidak bekerja dengan baik sebab oli transmisi tidak melakukan pelumasan dengan sempurna.

Penggantian oli gardan matic adalah hal yang sederhana dan tidak butuh biaya mahal. Namun, hal ini kerap dilupakan atau bahkan tidak diketahui oleh pemilik sepeda motor. Sementara, jika telah terjadi kerusakan akibat terlambat mengganti oli gardan, biaya yang harus dikeluarkan terbilang mahal.

"PTPL pun menyediakan oli transmisi motor matic, Enduro Gear Matic. Oli dengan base oil synthetic ini juga diformulasi bersama zat aditif untuk mendukung performa pada motor matic. Untuk harga Enduro Gear Matic kemasan 120 ml dijual dengan harga Rp14.000," kata Brahma.

Cara Mengganti Oli Gardan Matic

Anda bisa mengganti oli gardan matic di bengkel atau melakukannya secara mandiri. Penggantian oli gardan cukup mudah.

Pertama, Anda perlu memarkirkan sepeda motor menggunakan standar tengah (standar dua) di tempat yang rata. Setelah itu, buka baut paling belakang yang ada di bagian bawah CVT.

Siapkan wadah untuk menampung oli gardan bekas, kemudian lepaskan baut. Anda bisa memiringkan sepeda motor sedikit untuk memastikan semua oli gardan telah terbuang dari sepeda motor.

Setelah itu, pasang kembali baut yang tadi dibuka. Terakhir, buka penutup oli gardan matic yang ada di bagian atas, kemudian tuangkan oli gardan baru ke dalamnya.

Rekomendasi