Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih? Simak Cara Berikut!

| 05 Feb 2023 07:20
Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih? Simak Cara Berikut!
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Bau badan adalah salah satu permasalahan yang mengganggu bagi banyak orang. Dampak yang muncul dari permasalahan ini pun bermacam-macam, antara lain rasa percaya diri hingga masalah kesehatan jika dibiarkan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami penyebab bau badan serta cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih agar dapat menghindarinya.

Penyebab Bau Badan Menyengat

Keringat seringkali dituduh sebagai penyebab bau badan. Padahal, karakter dasar keringat adalah tidak memiliki warna dan bau. Komposisi keringat sendiri terdiri dari air, garam, protein, serta minyak yang tidak menjadi zat-zat pemicu kemunculan bau badan. Penyebab bau keringat, atau yang lebih kerap dikenal dengan istilah bau badan, sebetulnya merupakan bakteri yang berasal dari luar cairan keringat itu sendiri.

Ilustrasi bau badan dan keringat berlebih (Pixabay)

Dalam tubuh manusia, ada jutaan bakteri tidak berbahaya yang ikut hidup di permukaan tubuh dan berfungsi untuk membantu pertahanan kulit secara alami. Bakteri-bakteri tersebut bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembap seperti daerah ketiak. Untuk mempertahankan hidupnya, bakteri membutuhkan keringat manusia dan memprosesnya dalam sistem metabolisme mereka. Proses metabolisme ini menghasilkan produk sampingan yang mengakibatkan keringat beraroma seperti cuka, keju, atau bawang.

Cara Menghilangkan Bau Badan Berlebih dengan Bahan Alami

Ada beberapa cara untuk menghindari bau badan. Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang dapat Anda temui sehari-hari. Berikut ini adalah sejumlah bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan berlebih:

Cuka Sari Apel

Sudah menjadi rahasia umum jika cuka sari apel dikenal mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selain itu, cuka sari apel dapat melenyapkan bau badan secara cepat. Oleskan cuka sari apel ke ketiak dan lipatan-lipatan tubuh lainnya, lalu diamkan selama lima belas menit sebelum Anda mandi menggunakan sabun. Untuk hasil yang maksimal, cara ini bisa Anda lakukan sebelum mandi.

Daun Sirih

Daun sirih adalah bahan alami untuk menghilangkan bau badan tak sedap. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih diawali dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air. Setelah mendidih, tuanglah air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi. Gunakan air rebusan tersebut untuk mandi dua kali sehari.

Baking Soda

Cara menghilangkan bau badan secara alami berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan baking soda. Bahan satu ini mempunyai sifat yang mampu menetralkan asam dan basa sehingga bisa melenyapkan bau badan secara alami. Anda dapat mengaplikasikan baking soda langsung pada bagian-bagian tubuh yang kerap berkeringat.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Langkah Medis

Jika Anda merasa cara-cara alami di atas terlalu susah atau repot, masih ada beberapa cara lain yang lebih sederhana dan mudah dilakukan. Cobalah dengan cara-cara berikut.

Pengangkatan Kelenjar Keringat

Anda juga dapat menghilangkan bau badan dengan mengangkat kelenjar keringat di ketiak. Dengan demikian, produksi keringat berkurang dan Anda dapat terhindar dari risiko bau badan. Meski demikian, sebelum melakukannya, Anda harus berdiskusi dulu dengan dokter.

Pangkas Bulu Ketiak Secara Berkala

Memangkas bulu ketiak diyakini mampu mengatasi bau badan secara cepat dan tepat. Sebab, rambut yang tumbuh di ketiak merupakan sarang bakteri yang mengakibatkan bau badan.

Alma Sweatx

Medical treatment berikutnya dilakukan dengan memanfaatkan sebuah mesin yang dapat menghasilkan panas untuk mencapai area kelenjar apokrin. Suhu panas yang tinggi mengakibatkan kontraksi pada kelenjar apokrin dan bisa mengendalikan proses sekresi atau mengeluarkan keringat.

Endoscopic Thoracic Sympathectomy

Hiperhidrosis merupakan kondisi yang mengakibatkan penderitanya berkeringat lebih banyak dari orang lain. Kondisi ini dapat menimbulkan bau badan tidak sedap. Medical treatment yang dapat dijalankan untuk mengatasi masalah ini yaitu operasi Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS) yang menjadi prosedur melumpuhkan saraf pengontrol produksi keringat.

Menggunakan Deodoran dan Antiperspirant

Jika beberapa langkah medis di atas masih terasa ribet atau menghabiskan banyak biaya, ada satu lagi langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan bau badan. Cara praktis dan sederhana tersebut yaitu dengan memakai deodoran yang memiliki kandungan antiperspirant. Selain ampuh menghilangkan bau badan, deodoran dengan antiperspirant juga efektif mengurangi keringat berlebih penyebab bau badan.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi