Siswi SMA di Bantul Depresi Usai Dipaksa Gunakan Jilbab, Guntur Romli: Kenapa Dipaksa? Putrinya Anies Saja Tak Pakai

| 01 Aug 2022 16:43
Siswi SMA di Bantul Depresi Usai Dipaksa Gunakan Jilbab, Guntur Romli: Kenapa Dipaksa? Putrinya Anies Saja Tak Pakai
Guntur romli (twitter)

ERA.id - Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli berkomentar terkait dengan kasus Siswi SMA di Bantul yang depresi lantaran dipaksa menggunakan hijab.

Guntur Romli mempertanyakan kenapa siswi tersebut dipaksa, padahal putri Anies Baswedan pun tak menggunakan jilbab.

"Kalau memang mau pake jilbab biarkan pilihan dia sendiri. Jangan dipaksa," jelas Guntur Romli melalui akun Twitternya pada Jumat (29/7/2022).

Seperti diketahui,  Ombudsman RI Perwakilan DIY menerima laporan atas pemaksaan penggunaan jilbab pada seorang siswi di SMAN di Bantul saat menjalani masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) Selasa (19/7/2022).

Saat itu siswa tersebut dia dipanggil menghadap ke guru BP. Tiga guru yang menginterogasinya kenapa tidak memakai hijab. Seorang guru bahkan sempat memasangkan jilbab secara paksa ke siswi.

Siswi ini kemudian pergi ke kamar mandi dan menangis selama satu jam penuh hingga dalam kondisi lemas dan dibawa ke UKS. Hingga kini, siswa itu belum mau berangkat ke sekolah dan mengalami depresi.

Ketua ORI DIY Budhi Masturi menyatakan pihaknya telah memeriksa Kepala SMAN tersebut dan menyatakan tidak tahu kejadian pemaksaan itu. Guru BP selanjutnya juga akan diperiksa.

“Kami akan melihat lebih jauh mengenai aturan seragam yang dikeluarkan sekolah, termasuk kebijakan mewajibkan siswi muslim membeli hijab yang memuat identitas SMAN 1 Banguntapan,” kata Budhi.

Rekomendasi