Menang di 11 Provinsi, Surya Paloh Terkejut

| 27 Jun 2018 19:30
 Menang di 11 Provinsi, Surya Paloh Terkejut
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat menyaksikan hitung cepat Pilkada 2018. (Yohanes/era.id)
Jakarta, era.id - Menurut quick count atau hitung cepat dari berbagai lembaga, 11 calon yang didukung Partai Nasdem memenangkan pertarungan dalam Pilkada Gubenur Serentak 2018 di 17 Provinsi. 

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mengaku terkejut karena kemenangan ini melebihi target yang diharapkan. Sebab, Surya menargetkan partainya menang di 10 dari 17 provinsi yang bertarung.

"Menang di 11 provinsi, tercapai (target). Melebihi sedikit. 10 saja cukup," kata Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2018).

Salah satu yang mengagetkan Surya Paloh adalah kemenangan Herman-Mawardi dalam Pilkada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

"Kita tahu, kompetisinya juga berat disitu. Dan kalian tahu itu daerah partai politik yang saya juga pernah ada 43 tahun disana tuh. Itu basisnya Golkar disitu. Dan Herman bisa unggul, saya pikir itu patut membanggakan karena ini kader Nasdem," kata mantan kader Golkar selama 43 tahun tersebut.

Di sisi lain, Surya Paloh mengaku senang dengan kemenangan Ridwan Kamil (Emil)-Ruzhanul Ulum (Uu) di Jawa Barat (Jabar). Kata dia, kemenangan ini di luar ekspektasinya.

"Saya pikir kita mensyukuri ya. Tadinya saya berpikir kalah nih Emil ini," kata Surya Paloh.

Meski menang melebih target, 11 provinsi yang dikuasai Nasdem saat ini tidak bisa dijadikan modal utama dalam kemenangan Pemilu 2019 nanti. Kata dia, kemenangan yang hakiki berasal dari kerja keras partai.

"Ini modal, tapi bukan modal utama. Modal utama kita adalah kinerja, output Nasdem itu sendiri," kata dia.

Rekomendasi