Lima Orang Meninggal karena Kolera di Nigeria

Tim Editor

    Sedang memuat podcast...

    Ilustrasi (Pixabay)

    Lagos, Nigeria, era.id - Lima dari 50 orang meninggal dunia karena diduga terserang kolera di daerah Funtua, Nigeria, Senin (2/7/2018).

    Dilansir dari Antara, Selasa (3/7/2018), anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Ahmed Abubakar mengatakan, semua korban diduga meminum air tercemar akibat mulai masuknya musim hujan.

    Abubakar meminta, Lembaga Penanganan Kesehatan di negara bagian itu, segera mengerahkan ahli untuk memeriksa dan mencegah penyebaran penyakit tersebut ke bagian lain negara bagian tersebut. 

    Untuk diketahui, wabah kolera telah menjadi peristiwa tahunan di negara itu. Biasanya, warga terjangkit kolera setelah mengambil air dari anak sungai, sungai dan bendungan, terutama selama musim hujan.

    Dilansir dari berbagai sumber, kolera adalah infeksi bakteri yang membuat penderitanya dehidrasi akibat diare. 

    Bila tidak ditangani serius, kolera bisa mengakibatkan kematian dalam beberapa jam. Perawatan yang murah dan sederhana, seperti oralit, bisa digunakan untuk mencegah dehidrasi akibat kolera.

    Bakteri ini biasanya menular lewat air yang terkontaminasi. Wabah penyakit ini biasa berada daerah padat penduduk tanpa sanitasi yang baik.  

    Gejala pengidap bakteri ini di antaranya, diare, mual dan muntah, perut keram, dan dehidrasi. 

    Tag: pohon baobab di afrika mati wabah penyakit

    Bagikan :