Gajah Liar Ditemukan Mati (Lagi) di Aceh

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ini bukan gajah yang mati, tapi ilustrasi (Pixabay)

Idi Rayeuk, Aceh, era.id - Seekor gajah liar diperkirakan berusia 15 tahun ditemukan mati di kawasan hutan pedalaman di Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (12/7) kemarin. Penyebabnya masih dicari. Tapi gadingnya masih ada.

"Sepasang gading masih lengket di kepalanya. Bahkan kondisi bangkai gajah jantan itu juga belum mengeluarkan bau busuk," kata Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro melalui Kapolsek Banda Alam, Iptu Zainir seperti dilansir Antara, Jumat (13/7/2018).

Diduga gajah tersebut mati sehari sebelum ditemukan. Belum diketahui penyebab kematian satwa dilindungi itu. Tidak ada juga tanda-tanda kekerasan di tubuh gajah.

Ia menambahkan, kasus temuan bangkai gajah sumatera itu telah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh. Bahkan Tim Medis Kesehatan Hewan (Keswan) juga sedang dalam perjalanan dari Banda Aceh ke Aceh Timur.

"Kita masih menunggu tim BKSDA Aceh, untuk dilakukan nekropsi, sehingga hasil uji laboratorium akan mengetahui penyebab kematian satwa dilindungi itu," kata Iptu Zainir.

Meski begitu, polisi akan tetap menggelar penyelidikan terhadap kematian gajah sumatera di pedalaman Aceh Timur. "Jika dalam penyelidikan nantinya diketahui adanya unsur kesengajaan, maka kasus ini akan kita proses sesuai ketentuan," tutup Iptu Zainir.

Tag: hewan langka

Bagikan: