Pergantian Panglima TNI, Jokowi Dinilai Adil

| 05 Dec 2017 20:40
Pergantian Panglima TNI, Jokowi Dinilai Adil
Anggota DPR Fraksi Partai Nasdem Taufiqulhadi. (ZAKIYAH/era.id)
Jakarta, era.id - Anggota DPR dari Fraksi Partai Nasdem, Taufiqulhadi, mendukung penuh keputusan Presiden Joko Widodo yang mengusulkan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI.

Taufiqulhadi mengatakan keputusan Jokowi memilih Hadi sudah adil, mengingat Panglima TNI sebelumnya dijabat Angkatan Darat (AD).

"Seharusnya yang lalu Angkatan Udara (AU), tapi mungkin Presiden ada pertimbangan lain sehingga mengangkat AD," jelas Taufiqulhadi, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Dia menilai Hadi mampu mengamankan Indonesia dari ancaman di dalam dan luar negeri.

"Tantangan dalam negeri menurut saya adalah tugas dari pihak lain, misalnya terorisme. Tantangan Indonesia yang berkaitan dengan panglima adalah tantangan kita ke luar, misalnya persoalan yang terjadi saat ini di laut China Selatan" ujarnya.

Gatot akan memasuki masa pensiun pada 1 April 2018. Jokowi telah mengajukan nama Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin (4/12/2017).

Pergantian Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden, tetapi mekanismenya tetap harus melalui fit and proper test di Komisi I DPR.

 

Tags :
Rekomendasi