Astronom Temukan 10 Bulan Baru di Jupiter

| 19 Jul 2018 07:25
Astronom Temukan 10 Bulan Baru di Jupiter
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Para Astronom mengumumkan telah menemukan 10 bulan baru yang berada dalam orbit Planet Jupiter. Penemuan tersebut Jupiter menjadikan planet terbesar dalam tata surya dengan 79 bulan yang mengelilinginya.

Jupiter, merupakan planet kelima dari Matahari dan mempunyai beberapa bulan dalam ukuran yang sangat besar, seperti Ganymede, yang bergaris tengah 5.268 km atau setengah dari ukuran Bumi.

Bulan baru itu diperkirakan hanya berukuran 1 hingga 4 km. Angka tersebut sangat kecil jika dibandingkan dengan garis tengah Jupiter, yang mencapai hampir 150.000 km atau 11 kali lebih besar daripada Bumi.

Tim peneliti dipimpin astronom Scott Sheppard dari Carnegie Institution for Science di Washington telah mengenali 12 bulan kecil di Jupiter, termasuk 10 bulan baru lainnya.

Sheppard mengatakan bahwa bulan-bulan kecil ini kemungkinan terbentuk di dekat Jupiter pada masa-masa awal sistem tata surya, yang kemudian tertangkap oleh tarikan gravitasi kuat dari sang planet.

"Jupiter adalah planet yang mirip penghisap debu karena ukurannya yang sangat besar," kata Sheppard seperti dikutip era.id dari Antara, Rabu (18/7).

"Sehingga objek-objek ini mulai mengelilingi Jupiter, alih-alih jatuh ke permukaan planet itu. Kami menduga material bulan ini sebagian es dan sebagian bebatuan," lanjutnya.

Objek yang paling menarik dari 10 bulan baru adalah Valetudo, sebuah nama yang berasal dari cicit perempuan dewa Romawi kuno Jupiter, yang merupakan dewi kesehatan dan kebersihan.

Valetudo mengelilingi Jupiter dalam arah yang sama dengan rotasi sang planet induk. Arah itu berlawanan dengan bulan-bulan yang lain.

"Valetudo mengelilingi Yupiter dengan arah yang salah sehingga sangat mungkin dia akan bertabrakan dengan objek lainnya. Bahkan mungkin dia sudah menabrak bulan lain pada masa lalu," kata Sheppard.

Jupiter adalah planet yang mempunyai bulan dengan jumlah terbesar, disusul dengan Saturnus yang memiliki 62 objek orbit. Sheppard mengatakan bahwa Jupiter dan Saturnus mungkin saja punya jumlah bulan yang sama, mengingat objek-objek kecil di sekitar Saturnus banyak yang belum terdeteksi.

Bulan dirumuskan sebagai objek apapun, yang mengorbit planet, bukan Matahari. Hanya dua planet dalam tata surya tidak mempunyai bulan yakni Merkurius dan Venus.