Jadi Tersangka, Pria Madiun MAH Dijerat 3 Pasal UU ITE

| 19 Sep 2022 11:33
Jadi Tersangka, Pria Madiun MAH Dijerat 3 Pasal UU ITE
Tersangka Muhammad Agung Hidayatullah alias MAH dikenakan wajib lapor. ANTARA/Louis Rika.

ERA.id - Pria asal Madiun, Muhammad Agung Hidayatullah (MAH) ditetapkan menjadi tersangka karena terlibat dengan hacker Bjorka. Pria berusia 21 tahun itu dijerat pasal UU ITE karena terlibat dengan Bjorka.

"Pasalnya kemarin sudah disebutkan ya terkait Undang-Undang ITE. UU ITE sudah jelas pasalnya ya. Yang sering dipakai kan 46, kemudian 30, 31, itu semuanya di situ," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/09/2022).

"Iya (MAH dijerat 3 pasal itu), ada berapa pasal di situ ya," sambungnya.

Dedi belum mau bicara banyak mengenai hacker Bjorka ini. Dia menerangkan tim khusus (timsus) masih bekerja untuk menyelesaikan kasus ini.

"Saat ini timsus sedang bekerja. Timsus terus bekerja. Insyaallah kalau sudah ada hasilnya, hasil kerja dari timsus, nanti sudah boleh dirilis oleh timsus dan sudah disampaikan ke saya datanya, nanti akan saya sampaikan ke teman-teman," ucapnya.

Sebelumnya, MAH ditetapkan menjadi tersangka karena terlibat dengan hacker Bjorka. Motif MAH terlibat dengan Bjorka karena uang.

"Itu yang dipublish oleh tersangka tersebut. Adapun motifnya, motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang, itu motifnya," kata Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Ade Yaya Suryana saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/09/2022).

Ade menambahkan channel Telegram Bjorka dipakai MAH untuk mengunggah informasi mengenai hacker ini. MAH, sambungnya, memposting informasi Bjorka sebanyak tiga kali.

"Yaitu tanggal 8 september 2022, "Stop Being Idiot". Kemudian 9 September 2022 "The Next Leaks Will Come From The President of Indonesia" dan tanggal 10 September 2022 "To Support People Who Has Stabbling By Holding Demonstration in Indonesia Regarding The Price Fuel Oil, I Will Publish myPertamina Database Soon," tambahnya.

Rekomendasi