Soal Rencana Xi Jinping Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi: Masih Dibicarakan

| 13 Oct 2022 16:14
Soal Rencana Xi Jinping Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi: Masih Dibicarakan
Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping (Antara)

ERA.id - Presiden China Xi Jinping dikabarkan bakal mencoba Kereta Cepat Indonesian Cina (KCIC) bersama Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat ini.

Namun, Joko Widodo (Jokowi) masih belum bisa memastikan kapan kedatangan Xi Jinping ke Indonesia. Mengingat, progres pembangunan KCIC saat ini baru mencapai 88,8 persen.

"Dengan Presiden Xi Jinping masih dibicarakan. Belum final," ungkap Jokowi di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Akan tetapi, Jokowi memastikan jadwal peluncuran KCIC pada Juli 2023 mendatang. Nantinya, perjalanan dari Bandung-Jakarta atau sebaliknya dengan KCIC dapat ditempuh dengan waktu sekitar setengah jam.

"Peluncuran (KCIC) nanti untuk operasional Insyallah kurang lebih nanti di bulan Juni 2023," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu pun, Jokowi juga mengungkap kendala-kendala pembangunan KCIC. Namun, kendala-kendala tersebut saat ini sudah teratasi dengan baik.

"Kendala saat membuat terowongan di tunnel 2 di tunnel 11, memang ada masalah karena memang tanahnya yang sangat sulit dikendalikan. Tetapi Alhamdulillah sekarang sudah selesai," tuturnya.

Dari data yang dihimpun, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyampaikan terkait rencana kendatangan Presiden Cina, Xi Jinping masih dikomunikasikan.

"Saya akan tanyakan ke Kemenlu (Kementerian Luar Negeri), tapi para stakeholder pembangunan sudah melakukan komunikasi," kaya Budi, Rabu (12/10/2022).

Rekomendasi