Anies Dikritik karena Naik Jet Pribadi Saat Safari Politik, NasDem: Kalau Gitu Naik Unta Saja..

| 05 Dec 2022 18:45
Anies Dikritik karena Naik Jet Pribadi Saat Safari Politik, NasDem: Kalau Gitu Naik Unta Saja..
Anies Baswedan (Tangkapan layar Twitter @GunRomli)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali mempertanyakan sikap sejumlah pihak yang mengkritik bakal calon presiden dari partainya Anies Baswedan yang menumpangi jet pribadi saat melakukan safari politik.

Sambil berseloroh, Ali mengatakan sebaiknya ke depan Anies mengendari unta saja selama melakukan safari politik, ketimbang terus menerus dikritik.

"Anies naik unta saja bagusnya kalau kemana-mana. Karena Anies tidak bisa pakai jet pribadi, jadi dia cocoknya pakai unta saja, bagus," kata Ali sambil tertawa kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Menurut Ali, seharusnya penggunaan jet pribadi untuk Anies melakukan safari politik tidak perlu dipermasalahkan. Apalagi saat ini Anies bukan pejabat negara.

Dia lantas menyoriti kegiatan sejumlah menteri yang menggunakan pesawat jet, tetapi tidak pernah dikritik.

"Masalahnya apa? Emangnya Anies menggunakan APBN? Emangnya Anies pejabat negara? Kenapa bukan menteri yang kesana kemari pakai jet peribadi yang dipertanyakan?" kata Ali.

Lebih lanjut, anggota DPR RI itu menjelaskan bahwa pesawat jet yang ditumpangi Anies merupakan fasilitas dari Partai NasDem untuk mengakomodasi kegiatan bakal capresnya berkeliling ke daerah-daerah.

Dalam kegiatan tersebut, Anies harus memenuhi sejumlah undangan dari tokoh masyarakat di daerah yang hendak dikunjungi. Oleh karenanya, Partai NasDem memberikan fasilitas pesawat pribadi dengan alasan efisiensi waktu.

"Menghitung efektifitas suatu tempat, Partai NasDem memfasilitasi perjalanan tersebut, karena itu dalam konsekuensi pencalonan Anies oleh Partai NasDem. Jadi apa yang salah ya?" ujar Ali.

Untuk diketahui, Partai NasDem dan Anies Baswedan kembali melakukan safari politik ke Aceh, Padang, dan Pekanbaru sepanjang akhir pekan kemarin.

Namun, belakangan beredar foto Anies tengah menumpangi jet pribadi selama perjalanannya melakukan safari politik.

Politisi PSI Guntur Romli menyindir Anies Baswedan saat kunjungan ke Padang menggunakan pesawat jet pribadi.

Guntur Romli menyebut Anies munafik memgaku merakyat. Padahal sebelumnya pamer diri menggunakan kelas ekonomi saat ke Bali. Sementara, saat, kunjungan politik Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menggunakan pesawat jet pribadi.

Menurut dia, ada tiga kemungkinan jika Anies menggunakan pesawat jet pribadir tersebut.

"1. Pesawat itu punya Anies?  2. Sewa, yg pasti harga sewa mahal, siapa yg bayarin? Bohir oligarki? 3. Disediakan oleh bohir oligarki?," kata Guntur Romli melalui akun Twitternya pada Minggu (4/10).

Rekomendasi