Sidang Tahunan, MPR Usung Tema Kebhinekaan

| 16 Aug 2018 07:59
Sidang Tahunan, MPR Usung Tema Kebhinekaan
Persiapan sidang tahunan MPR, DPR dan DPD, pada Kamis (16/8/2018). (Mery/era.id)
Jakarta, era.id - MPR menyelenggarakan sidang tahunan bersama DPR, DPD di Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018). Salah satu agenda sidang gabungan ini adalah laporan nota keuangan RAPBN 2019.

Pengamatan era.id, para undangan sudah mulai memadati Gedung Nusantara III hingga Nusantara II. Rapat tahunan ini akan dilaksanakan di Gedung Kura-Kura (KK).

Tampak ada yang berbeda pada rapat tahunan kali ini, jika sebelumnya gedung didominasi dengan dekorasi bunga-bunga, namun sekarang ornamen batik menghiasi gedung Nusantara III, II dan KK.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, ornamen tersebut sengaja dipilih karena tema rapat kali ini adalah kebhinekaan.

"Ya itu kreasi teman-teman karena tahun ini dengan tema kebhinekaan dimunculkan ciri khas kebudayaan pada ornamen-ornamen. Tapi secara keseluruhan tahun ini jauh lebih sederhana. Meski sederhana kita ingin tetap menonjolkan salah satu ciri khas budaya Indonesia yaitu batik," kata Indra di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Menurut Indra, karena saat ini sudah memasuki tahun politik, tema kebhinekaan sengaja diangkat agar suasana tetap teduh. 

"Kita memasuki tahun politik jadi kita ingin unsur kebhinekaan ini semua tetap teduh. Sebagai bangsa kita tetap menjaga kesatuan dan persatuan," jelasnya.

"Di dalam pidato politik ketua DPR nanti ia mengajak semua saling nenjaga menghargai setiap perbedaan. Makanya tema kali ini Bhineka Tunggal Ika," kata dia.

Tags : mpr ketua dpr dpd
Rekomendasi