Perias Terbaik untuk Kahiyang-Bobby

Tim Editor

Foto pranikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (ALLSEASONS/bridestory.com)

Jakarta, era.id – Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution beserta keluarga akan dirias lima perias terbaik selama prosesi pernikahannya, pada 6-8 November 2017. Pernikahan putri Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tersebut akan menggunakan adat Jawa.

Iriana berpesan pada para perias agar dipaes (dirias) menggunakan pakem Surakarta. Paes Solo Klasik kerap digunakan untuk pernikahan adat Solo klasik dan dikerjakan perias khusus tradisional atau disebut dukun manten.

Dukun manten berbeda dengan perias pengantin pada umumnya. Dukun manten menggunakan alat rias lokal dengan hasil sentuhan tradisional dan lebih medok.

Sementara perias pengantin atau make up artist lebih modern dan menggunakan alat rias merek internasional.

“Ibu Iriana menghendaki busana dan tata rias yang benar-benar klasik. Jadi, untuk riasan paes akan sama dengan pengantin lainnya tetapi akan menggunakan model yang lebih klasik," kata Sumaryono, ketua tim penata rias di Graha Saba Buana, Solo (20/10/2017).

Kahiyang-Bobby akan menggunakan busana berbeda di tiap prosesi pernikahan.

Pada 7 November, Kahiyang-Bobby akan menjalani prosesi siraman dan midodareni, dilanjutkan akad nikah dan resepsi pada 8 November.

Pada prosesi midodareni, Kahiyang akan dirias sederhana dan tanpa mengenakan perhiasan.

Sebagai perias, Sumaryono melakukan ritual atau tirakad sebelum hari H dengan harapan hasil riasan bagus dan acara berjalan lancar.

"Merias pengantin lainnya pun saya juga perlu melakukan ritual, tidak hanya saat merias anak Presiden. Ritualnya hanya berupa puasa Senin dan Kamis," ujar perias berusia 80 tahun tersebut.

Selain Sumaryono, ada empat perias lain yang akan merias keluarga Jokowi dan besan.

"Bu Waluyo merias keluarga Bapak Jokowi. Bu Topo, Bu Santi, Bu Conny (bakal merias) keluarga besan." katanya.

 

Bagikan: