Puncak Arus Mudik Natal pada H-2 di Pelabuhan Merak Capai 53.344 Orang

| 24 Dec 2022 13:45
Puncak Arus Mudik Natal pada H-2 di Pelabuhan Merak Capai 53.344 Orang
Pelabuhan Merak tampak lancar pada H-1 Natal dan tidak terjadi penumpukan dan kepadatan kendaraan di atas kapal. ANTARA/Mansur

ERA.id - Puncak pemudik Natal melalui penyeberangan Pelabuhan Merak terjadi pada H-2 atau Jumat (23/12) atau mencapai 53.344 orang dari sebelumnya H-3 Kamis (22/12) sebanyak 36.260 orang.

"Kita dari awal memprediksikan puncak mudik Natal itu terjadi H-2," kata Kepala Humas ASDP Cabang Utama Merak Putu dalam keterangannya di Merak, Sabtu (24/12/2022).

Putu menjelaskan puncak mudik Natal berlangsung lancar dengan optimalisasi tujuh dermaga, termasuk dermaga eksekutif, sehingga kalaupun terjadi kepadatan, jalur kembali normal dalam beberapa jam.

Ia pun menambahkan kepadatan kendaraan tersebut terjadi akibat gelombang tinggi di Selat Sunda bagian utara akibat cuaca buruk, sehingga penyeberangan sempat terhenti.

"Kita menyimpulkan pelayanan mudik natal 2022 relatif baik dan tidak terjadi antrean panjang," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pelayanan ASDP Merak terus ditingkatkan karena komitmen pemerintah untuk melayani masyarakat pengguna jasa dan menghindari terjadinya penumpukan penumpang yang sering terjadi pada hari besar keagamaan.

"Kami mengapresiasi sebagian besar penumpang pejalan kaki maupun di atas kendaraan membeli tiket secara online, sehingga tidak terjadi penumpukan di pelabuhan," katanya.

Sementara itu, penumpang puncak Natal pada H-2 itu tercatat 50.182 orang terdiri dari penumpang pejalan kaki 3.162 orang dan penumpang di atas kendaraan 50.182 orang.

Sedangkan, jumlah kendaraan sebanyak 11.728 unit terdiri dari sepeda motor 1.388 unit, mobil pribadi 6.374 unit, bus 455 unit dan truk 3.509 unit.

Ia menjelaskan layanan di Pelabuhan Merak pada puncak natal berjalan normal dan pelanggan terlayani dengan 31 kapal Ro-Ro yang dioperasikan dengan 95 trip perjalanan Merak - Bakauheni.

"Kami mengutamakan ketepatan baik kedatangan maupun keberangkatan juga keselamatan penumpang," kata Putu.

Sejumlah pemudik di Pelabuhan Merak mengaku bahwa mereka merasa puas pelayanan ASDP relatif baik dibandingkan tahun- tahun sebelumnya sebab penumpang bisa cepat menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni melalui dermaga eksekutif.

"Kami begitu tiba di dermaga eksekutif langsung diseberangkan ke atas kapal menuju Bakauheni, Lampung," kata Imakulata, seorang warga Depok, Jawa Barat bertujuan ke Bandarlampung untuk merayakan Natal bersama keluarga besarnya.

Rekomendasi