Hutan Wisata Gunung Guntur di Garut Terbakar

| 17 Aug 2018 22:26
Hutan Wisata Gunung Guntur di Garut Terbakar
Ilustrasi (pixabay)
Garut, era.id - Kawasan hutan wisata Kamojang Gunung Guntur Kabupaten Garut, Jawa Barat Jumat malam terbakar sehingga petugas berupaya memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya agar tidak terus menjalar ke blok hutan lainnya.

Kepala Seksi Wilayah V Garut Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Purwantono, di Garut, Jumat malam, mengatakan kebakaran hutan tersebut baru diketahui sekitar pukul 18.00 WIB. "Diketahui tadi selepas Magrib," katanya sebagaimana dikutip Antara, Jumat (17/8/2018).

Ia menuturkan kebakaran itu terjadi di Blok Naringgul kawasan Kamojang Gunung Guntur di Kecamatan Tarogong Kaler. Kobaran api tersebut, kata dia, hanya melanda kawasan hutan, bahkan dipastikan aman bagi pemukiman penduduk karena lokasi titik api jauh.

"Enggak (tidak mengancam rumah warga) masih jauh," katanya.

Ia menyampaikan jajarannya bersama petugas gabungan lainnya telah terjun menuju lokasi untuk berupaya memadamkan kobaran api. BKSDA Garut berupaya memadamkan api agar tidak terus meluas, untuk selanjutnya akan menyelidiki penyebab kebakaran di lokasi tersebut.

"Ya sekarang sedang dalam usaha pemadaman," katanya.

Kebakaran tersebut dilaporkan telah membakar pohon pinus, kaso, kaliandra, semak belukar, rumput, dan alang-alang. Kebakaran hutan di Gunung Guntur tersebut sudah kesekian kalinya selama musim kemarau 2018 melanda Kabupaten Garut.

 

Rekomendasi